PROFESIONALISME KEINSINYURAN DALAM PENERAPAN KONTRAK KERJA SUBCONTRACTOR TERHADAP PELAKSANAAN DI PROYEK SWASTA TASIKMALAYA

HANAFIAH, M ALI (2023) PROFESIONALISME KEINSINYURAN DALAM PENERAPAN KONTRAK KERJA SUBCONTRACTOR TERHADAP PELAKSANAAN DI PROYEK SWASTA TASIKMALAYA. Project Report. Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
22.B5.0002-M ALI HANAFIAH-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
22.B5.0002-M ALI HANAFIAH-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
22.B5.0002-M ALI HANAFIAH-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
22.B5.0002-M ALI HANAFIAH-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembangunan suatu proyek konstruksi di Indonesia, ada berbagai macam tahapan tahapan yang akan dilakukan dimulai dari tender, penunjukan pemenang Main Contractor, penunjukan Subcontractor oleh Main Contractor, proses pekerjaan di lapangan oleh subcontractor , proses addendum dan proses Serah terima. Dalam hal ini dibahas penerapan kontrak kerja Subcontractor terhadap pekerjaan di lapangan /proyek sehingga pada saat pelaksanaan perlu dilakukan adanya control yang berkala terhadap pekerjaan yang dilakukan di lapangan selama proyek berlangsung yang dituangkan dalam kontrak kerja. Adapun metodologi penelitian dilakukan dengan pengambilan data dari lapangan mengumpulkan data studi kasus pelaksanaan proyek, melakukan pengamatan di lapangan menggunakan metode literatur, observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, didapat pentingnya control terhadap pekerjaan di lapangan selama proyek berlangsung. Dalam hal ini semua pihak di proyek bertanggung jawab akan tugas mereka masing masing dalam menyelesaikan proyek agar dapat tepat waktu, terjaga kualitasnya dan tidak melenceng dari aturan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa ada 69.23 % subcontractor yang volume real lapangannya tidak sesuai dengan kontrak awal yang telah di tanda tangani dimana sesuai dengan berjalannya waktu , ada banyak perubahan yang dilakukan di lapangan dengan tentunya pesetujuan MK dan owner terlebih dahulu. Sisanya 30.77 % subcontractor sudah sesuai dengan kontrak awal mereka jadi tidak ada kerja tambah dan kurang dari pekerjaan yang mereka lakukan di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Engineer Professional Program
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 May 2023 02:00
Last Modified: 31 May 2023 02:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31822

Actions (login required)

View Item View Item