KAJIAN IKLIM MIKRO SECARA SPASIAL MENGGUNAKAN PROGRAM SIMULASI ENVI-MET PADA RUANG TERBUKA HIJAU PADA TAMAN KOTA AKTIF di SEMARANG

TYATAMA, YOHANES DELTA (2023) KAJIAN IKLIM MIKRO SECARA SPASIAL MENGGUNAKAN PROGRAM SIMULASI ENVI-MET PADA RUANG TERBUKA HIJAU PADA TAMAN KOTA AKTIF di SEMARANG. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-BAB I_a.pdf

Download (521kB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-BAB III_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-BAB IV_a.pdf

Download (12MB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-BAB V_a.pdf

Download (11MB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-BAB VI_a.pdf

Download (467kB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-DAPUS_a.pdf

Download (487kB)
[img] Text
19.A2.0013-YOHANES DELTA TYATAMA-LAMP_a.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk melihat fenomena mengenai iklim mikro yang terjadi pada Ruang Terbuka Hijau dikota Semarang yang dalam hal ini diambil studi kasus taman kota yang memiliki fungsi, baik fungsi sebagai sarana sosial, sarana perdagangan, dan sarana rekreasi bagi masyarakat dengan kata lain mengambil studi kasus mengenai taman kota yang bisa digunakan untuk masyarakat. Selain itu peneitian ini memiliki tujuan untuk melihat sebaran yang dihasilkan bagi lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif yang dimana penelitian kualitatif digunakan untuk melakukan analisis mengenai tipologi taman dan penelitian kuantitatif digunakan untuk menganalias iklim mikro yang dilakukan dengan menggunakan bantuan software simulasi Envi-Met. Pada kasus penelitian mengenai kajian iklim mikro tersebut mengambil sampel 6 titik taman kota fungsional yang ditentukan dengan metodepurvosive sampling dengan memperhatikan letak dan kondisi geografis yang ada di Kota Semarang. Tahap awal pengambilan data adalah dengan melakukan pengukuran taman serta melakukan analisis selain itu pengambilan data pengukuran iklim mikro juga dilakukan dimasing-masing taman sebagai bahan perbandinagan dan koreksi yang kemudian akan di input kedalam pemodelan hipotesa menggunakan bantuan software simulasi Envi-Met Pemodelan taman yang dipilih dibagi menjadi 3 kategori sesuai dengan metodepurvosive sampling yaitu taman aktif pinggiran kota,taman aktif tengah kota, dan taman aktif di daerah semarang perbukitan. Pemodelan dilakukan menjadi 2 tahap input data cuaca yang didapat dengan pengukuran secara langsung dan data penunjang berupa data klimatolgi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Semarang. Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang (BMKG Semarang) sesuai waktu pengukurun. Sedangkan variabel yang digunakan untuk variabel independen adalah bentuk taman, material penyusun,dan titik vegetasi, sedangkan variabel dependen berupa suhu temperature udara,kelembapan udara,kecepatan angin dan arah angin. Hasil dari simulasi dijadikan sebagai data pembanding dan usulan penelitian yang akan dibahas berkaitan dengan iklim mikro.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Graduate Program in Architecture
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 May 2023 03:18
Last Modified: 16 May 2023 03:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31753

Actions (login required)

View Item View Item