EDUKASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS GAME SIMULASI

PUTRA, GLENN HARIYANTO (2023) EDUKASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS GAME SIMULASI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-BAB I_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-BAB III_a.pdf

Download (250kB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-BAB V_a.pdf

Download (214kB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-DAPUS_a.pdf

Download (216kB)
[img] Text
18.N2.0001-Glenn Hariyanto Putra-LAMP_a.pdf

Download (237kB)

Abstract

Demokratisasi merupakan proses pendemokrasian masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik suatu negara, namun proses ini tidak mudah karena rakyat harus berpendapat melalui DPR atau ikut dalam kegiatan kemasyarakatan. Hal ini mempengaruhi masyarakat Indonesia dalam membangun kesadaran publik tentang pemerintahan, dimana tuntutan publik terhadap pemerintah semakin meningkat dan persepsi publik terhadap pemerintah juga menjadi negatif. Hal tersebut dapat mempengaruhi anak-anak muda yang mengikuti orang dewasa yang memiliki persepsi negatif terhadap pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas game edukasi "Governman" dalam memberikan pembelajaran sistem pemerintahan melalui tutorial dan gameplay yang menantang pemain untuk berpikir kritis dan kreatif serta memecahkan masalah. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran yang diberikan melalui win screen dan tools dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pemain. Pembuatan game “Governman” berdasarkan sistem yang ada didalam metode waterfall. Metode ini melewati beberapa tahapan yaitu requirement, design, implementation, verification, dan yang terakhir maintenance. Game “Governman” sendiri sudah melewati semua tahapan dalam metode waterfall. Hasil dari penelitian mengenai game edukasi "Governman" menunjukkan bahwa game ini efektif dalam mengajarkan pemain tentang sistem pemerintahan melalui simulasi yang menarik dan mudah dipahami. Studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa game ini memiliki korelasi yang valid antara ketertarikan, kemudahan dan tantangan pemain setelah bermain game yang menunjukkan bahwa game ini efektif dalam mendorong niat pemain untuk belajar dan mengerti tentang sistem pemerintahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:19
Last Modified: 10 Apr 2023 01:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31422

Actions (login required)

View Item View Item