SISTEM KOMUNIKASI INTERNAL ORGANISASI (AUDIT KOMUNIKASI DI DEPARTEMEN RESEPSIONIS PALM BEACH RESORT JEPARA)

GINTING, THERESIA PUTRI (2023) SISTEM KOMUNIKASI INTERNAL ORGANISASI (AUDIT KOMUNIKASI DI DEPARTEMEN RESEPSIONIS PALM BEACH RESORT JEPARA). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-COVER_a.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-BAB I_a.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-BAB III_a.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-BAB IV_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-BAB V_a.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-DAPUS_a.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
19.M1.0016-THERESIA PUTRI GINTING-LAMP_a.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari Departemen Resepsionis Palm Beach Resort Jepara yang ingin bangkit dari pandemi Covid-19 tetapi justru sering mendapatkan ulasan yang kurang baik dari konsumen. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk melakukan audit komunikasi, menggambarkan pelaksanaan sistem komunikasi organisasi Departemen Resepsionis. Tolak ukur yang digunakan adalah metode Profil Komunikasi Keorganisasian untuk mengetahui variabel kualitas media internal, aksesibilitas informasi, dan iklim komunikasi. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi ke 4 karyawan. Secara umum hasil dari penelitian ditemukan bahwa kualitas media internal penggunaannya belum maksimal dan secara kualitas fisik perlu meningkatkan daya tarik. Kedua, aksesibilitas informasi ke atas kurang berjalan lancar karena faktor menunda-nunda informasi. Akses antarkaryawan lambat ketika diluar jam kerja dan akses ke bawah tidak adanya pengecekan secara detail dari atasan terhadap kinerja bawahan. Ketiga, iklim komunikasi belum terbangun dengan baik karena pembuatan keputusan yang masih terpusat di atasan dan kurang menaruh perhatian lebih pada pekerjaan. Disarankan kepada pihak Departemen Resepsionis Palm Beach Resort Jepara untuk mempertimbangkan perangkat internet yang digunakan supaya komunikasi lancar, memaksimalkan media internal yang dimiliki, memperbaiki tampilan fisik media internal, diikuti dengan adanya training dan capacity building supaya rasa memiliki karyawan dapat terbangun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Auditing
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:48
Last Modified: 31 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31315

Actions (login required)

View Item View Item