ANALISIS FRAMING PEJABAT PEREMPUAN PADA PEMBERITAAN PENUNJUKAN PUTRI TANJUNG SEBAGAI STAF KHUSUS PRESIDEN DI MEDIA DARING TRIBUNNEWS.COM

CHRISTIAN, SONIA BELA (2022) ANALISIS FRAMING PEJABAT PEREMPUAN PADA PEMBERITAAN PENUNJUKAN PUTRI TANJUNG SEBAGAI STAF KHUSUS PRESIDEN DI MEDIA DARING TRIBUNNEWS.COM. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-COVER_a.pdf

Download (959kB)
[img] Text (BAB I)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-BAB I_a.pdf

Download (551kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-BAB III_a.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-BAB IV_a.pdf

Download (793kB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-BAB V_a.pdf

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-DAPUS_a.pdf

Download (416kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0132-Sonia Bela Christian-LAMP_a.pdf

Download (301kB)

Abstract

Fenomena pemberitaan sosok perempuan di media daring masih cenderung mengarah ke hal-hal sepele ketimbang substansial. Pada pembahasan pemberitaan, perempuan lebih mungkin diminta untuk berbicara mengenai kehidupan pribadi mereka, bahkan perempuan akan dianggap penting hanya karena sisi femininnya. Melihat Konstruksi pemberitaan perempuan yang tidak sensitif gender ini, peneliti mengulas kajian tentang framing media dalam penunjukan Putri Tanjung sebagai staf khusus presiden. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis framing dari Robert Entman di mana penguraiannya juga menggunakan indikator sensitif gender dengan tujuan melihat bagaimana sensitivitas gender di Tribunnews.com. Hasil penelitian menunjukkan pendefinisian masalah Tribunnews.com secara umum peneliti mengelompokkannya pada tiga kategori, yakni pengenalan Putri Tanjung terkadang cenderung dibingkai dengan tidak selaras dari pembahasan isu utama. Selain itu representasi Putri Tanjung yang selalu dikaitkan sebagai anak dari Chairul Tanjung, untuk mendompleng kepopuleran berita. Lalu yang terakhir dengan mengapresiasi Putri Tanjung dengan mengenalkannya sebagai pengusaha muda yang independen. Sedangkan perkiraan masalahnya secara konsisten mengangkat permasalahan dari penunjukan staf khusus presiden dari hasil konferensi yang diadakan di beranda Istana Kepresidenan. Keputusan moral yang diajukan memiliki kecenderungan untuk melibatkan narasumber untuk memberi pernyataan terkait tema berita yang diangkat dan foto-foto pribadi untuk mendukung gagasan terkait sosok Putri Tanjung. Rekomendasi penyelesaian yang diajukan menawarkan solusi dari permasalahan Putri Tanjung yang tidak suka bila dikaitkan dengan nama ayahnya dengan memperkenalkan bisnis independennya. Selain itu, Tribunnews.com masih kurang sensitif gender karena pemberitaan masih belum mempertimbangkan sensitivitas gender dengan masih terdapat pemberitaan yang mengeksploitasi pengalaman dan kehidupan pribadi perempuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > Women
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:40
Last Modified: 31 Mar 2023 01:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31289

Actions (login required)

View Item View Item