ANALISIS ISI KAMPANYE “SEMARANG HEBAT” PADA MEDIA ONLINE LOKAL (KUASAKATA.COM, JAWAPOS.ID, DAN JATENGNEWS.ID)

NINGSIH, FITRI AYU (2023) ANALISIS ISI KAMPANYE “SEMARANG HEBAT” PADA MEDIA ONLINE LOKAL (KUASAKATA.COM, JAWAPOS.ID, DAN JATENGNEWS.ID). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-BAB I_a.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-BAB III_a.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-BAB IV_a.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-BAB V_a.pdf

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-DAPUS_a.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0093-FITRI AYU NINGSIH-LAMP_a.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penggunaan media online di era digital saat ini dapat digunakan sebagai media kampanye. Pada masa Covid-19, penggunaan media online dipilih sebagai salah satu media untuk menyalurkan kampanye karena bersifat praktis. Berita yang dipilih media dalam menyampaikan pesan kampanye terkait “Semarang Hebat” yakni media online lokal. Media online lokal dipilih sebagai media untuk menyampaikan pesan kampanye yang diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dan pesan yang tersampaikan dapat diterima dengan jelas. Penelitian ini mengacu pada analisis isi kampanye semarang hebat dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini yakni melalui observasi dan dokumentasi yang dibantu dengan analisis isi yang sudah diklasifikasi dengan bantuan alat ukur voyant tools yang telah disusun oleh peneliti. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa berita dengan tagline “Semarang Hebat” pada media online Kuasakata.com, Jawapos.id, dan Jatengnews.id merupakan sebuah program kerja yang hendak dilakukan calon walikota selama masa kampanye berlangsung. Dalam pelaksanaannya, ketiga media online tersebut belum menerapkan ketujuh unsur 7C pada strategi kampanye public relations. Dari ketujuh berita yang ada, hanya terdapat empat berita yang memenuhi kriteria unsur 7C yakni pada poin credibility, content, context, channels dan capability of the audience. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berita dengan tagline “Semarang Hebat” pada media online Kuasakata.com, Jawapos.id, dan Jatengnews.id belum berjalan secara efektif untuk dilaksanakan karena kampanye pada berita yang membahas “Semarang Hebat” masih terlalu minim informasi yang akan disampaikan. Diharapkan untuk kedepannya, media Kuasakata.com, Jawapos.id, dan Jatengnews.id dapat menerapkan unsur 7C dengan lengkap agar kampanye yang dilakukan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan menjangkau kepada seluruh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:41
Last Modified: 30 Mar 2023 01:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31273

Actions (login required)

View Item View Item