PEMANFAATAN EVENT PON XX PAPUA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PARIWISATA PAPUA OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI PAPUA

MEGAWANTO, MARIA VINCENTIA PAVIONA (2022) PEMANFAATAN EVENT PON XX PAPUA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PARIWISATA PAPUA OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI PAPUA. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-COVER_a.pdf

Download (926kB)
[img] Text (BAB I)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-BAB I_a.pdf

Download (436kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-BAB III_a.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-BAB V_a.pdf

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-DAPUS_a.pdf

Download (381kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0068-Maria Vincentia Paviona Megawanto-LAMP_a.pdf

Download (702kB)

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dari letak dan luasnya Provinsi Papua, potensi pariwisata yang dimiliki oleh ini bisa dibilang terlengkap yang ada di Indonesia namun, sektor pariwisata Papua sebenarnya masih mengalami penghambat baik dalam daya tarik pariwisatanya maupun penyebaran informasi. Hal ini bertepatan dengan pelaksanaan event PON XX yang menjadikan Papua sebagai tuan rumah. Dari peluang yang ada, hal ini juga dirasa tepat karena melalui event ini merupakan momentum baik dalam pemerataan pembangunan sarana dan prasarana olahraga, penggerak ekonomi daerah khususnya pada sektor pariwisata yang ada di Provinsi Papua dan juga tentunya memperkuat jalinan antar daerah di Indonesia. Dibuktikan bahwa event PON XX Papua yang dilaksanakan pada bulan oktober membuat beberapa mitra mengalami kenaikan cukup pesat. Kenaikan tersebut tentunya didukung dengan strategi komunikasi yang disusun melalui program-program terbarukan yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua sebagai otoritas yang berwenang. Penelitian ini membahas mengenai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua yang memanfaatkan event PON XX Papua sebagai media komunikasi pariwisata Papua pada tahun 2021 dengan mengkaji berdasarkan tahap-tahap penyusunan strategi komunikasi pariwisata (Ariffin). Metode penelitian kualitatif deskriptif dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi dan studi dokumentasi untuk pengambilan data. Informan dalam penelitian ini antara lain kepala bidang ekonomi kreatif, staf teknis pengembangan pariwisata dan salah satu informan dari masyarakat Papua. Hasil penelitian menemukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua melakukan berbagai persiapan dan rencana beberapa kegiatan program untuk memanfaatkan sekaligus mendukung PON XX Papua ini. Selain itu, mereka juga membenahi dan meningkatkan potensi dan destinasi pariwisata yang ada di Papua. Penelitian ini menyimpulkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua masih belum bisa mengoptimalkan pemanfaatan penyelenggaraan event PON XX dalam hal mempromosikan pariwisata Papua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:39
Last Modified: 30 Mar 2023 01:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item