ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TRIBUNJATENG.COM TENTANG BANJIR SEMARANG PERIODE FEBRUARI 2021

REZALFINO, NIKO (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TRIBUNJATENG.COM TENTANG BANJIR SEMARANG PERIODE FEBRUARI 2021. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (Cover)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-BAB I_a.pdf

Download (778kB)
[img] Text (BAB II)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text (BAB III)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-BAB III_a.pdf

Download (881kB)
[img] Text (BAB IV)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-BAB IV_a.pdf

Download (843kB)
[img] Text (BAB V)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-BAB V_a.pdf

Download (765kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-DAPUS_a.pdf

Download (626kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.M1.0037-NIKO REZALFINO-LAMP_a.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Tribunjateng.com Tentang Banjir Semarang Periode Februari 2021”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara pembingkaian pemberitan bencana banjir Semarang periode Februari 2021 pada portal berita daring Tribunjateng,com menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki serta menganalisis konstruksi realitas dalam pemberitaannya. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk mengetahui bagaimana cara pembingkaian berita bencana banjir Semarang periode Februari 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengolahan data melalui “structural elements” dengan menganalisis seluruh isi berita yang masuk ke dalam sampel penelitian yang berjumlah 8 berita dari 69 berita yang di terbitkan pada periode Februari 2021. Teknik pegumpulan data yang peneliti lakukan adalah teknik dokumentasi. Pada bab hasil dan pembahasan, peneliti menjelaskan secara langsung hasil dari analisis yang dilakukan melalui “structural elements” pada lampiran skripsi ini. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penulisan berita tentang banjir Semarang periode Februari 2021 menunjukkan bahwa cara wartawan membingkai berita dengan menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki cukup baik. Dari struktur sintaksis Tribunjateng.com menggunakan struktur penulisan piramida terbalik di mana pada lead sudah mewakili keseluruhan pemberitaan. Dari struktur skrip, unsur 5W+1H sudah lengkap, namun peneliti masih menemukan 3 berita yang tidak menggunakan when dalam beritanya. Dari struktur tematik, penulis berita mampu untuk memberikan detail dalam berita. Pemberitaannya mempunyai koherensi sebab-akhibat dan koherensi penjelas di beberapa pemberitaannya serta memiliki bentuk penulisan deduktif. Dari struktur retoris Tribunjateng.com mampu untuk memberikan kata-kata leksikon yang dapat dimengerti pembaca, gambar dan grafik yang di tampilkan terlihat jelas dan dapat langsung dipahami oleh pembaca. Tribunjateng.com mempunyai konstruksi realitas yang berfokus kepada beberapa instansi yang menanggulangi bencana, tidak hanya instansi ataupun pihak terkait, kondisi serta koran juga menjadi sorotan bagi Tribunjateng.com dalam beritanya. Dalam hal ini Tribunjateng.com masih dalam batas aman, transparan, dan objektif dalam pemberitaan dalam memberikan informasi yang baik bagi para pembaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:48
Last Modified: 28 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31191

Actions (login required)

View Item View Item