PENGARUH MANDALA COLORING TERHADAP KECEMASAN SISWA KELAS XI PADA MASA UJIAN

MAHATI, INDI DINDA KINAN (2023) PENGARUH MANDALA COLORING TERHADAP KECEMASAN SISWA KELAS XI PADA MASA UJIAN. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-COVER_a.pdf

Download (633kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-BAB I_a.pdf

Download (295kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-BAB III_a.pdf

Download (349kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-BAB IV_a.pdf

Download (242kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-BAB V_a.pdf

Download (571kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-BAB VI_a.pdf

Download (175kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-DAPUS_a.pdf

Download (308kB)
[img] Text
17.E1.0172-Indi Dinda Kinan Mahati-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mandala Coloring terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian siswa SMA. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Mandala Coloring terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian siswa SMA. Partisipan penelitian ini adalah siswa-siswi aktif kelas XI pada salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni kuantitatif dengan alat ukur berupa skala kecemasan STAI (State-Trait Anxiety Inventory) dimana semakin tinggi skornya maka semakin tinggi pula tingkat kecemasan yang dirasakan seseorang. Penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan perlakuan mewarnai Mandala dan kelompok kontrol dengan perlakuan menggambar atau mewarnai bebas. Partisipan diberikan Guided Imagery untuk membayangkan suasana ketika akan menghadapi ujian. Pengambilan data penelitian dilakukan selama tiga hari. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan teknik Anava Mixed Design pada skala kecemasan STAI. Hasil analisa skala kecemasan STAI menunjukkan bahwa Mandala Coloring menjadi buffering effect, dimana kegiatan Mandala Coloring melindungi individu dalam kelompok eksperimen dari kecemasan yang semakin meningkat, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang melakukan kegiatan menggambar atau mewarnai bebas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 616 Diseases > Anxiety
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:30
Last Modified: 16 Mar 2023 03:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31052

Actions (login required)

View Item View Item