Analisa Proses Penerapan Hukum Eksekusi Obyek Jaminan Fidusia dengan Title Eksekutorial di Lembaga Pembiayaan Kota Cirebon

SAMPURNA, PUTRI SARI AGENG JAYA (2023) Analisa Proses Penerapan Hukum Eksekusi Obyek Jaminan Fidusia dengan Title Eksekutorial di Lembaga Pembiayaan Kota Cirebon. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-COVER_a.pdf

Download (583kB)
[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-BAB I_a.pdf

Download (391kB)
[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-BAB III_a.pdf

Download (650kB)
[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-BAB IV_a.pdf

Download (301kB)
[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-DAPUS_a.pdf

Download (304kB)
[img] Text
19.C1.0027-Putri Sari Ageng Jaya Sampurna-LAMP_a.pdf

Download (419kB)

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor di Indonesia saat ini membawa peningkatan pula kepada penggunaan jasa pembiayaan konsumen. Peningkatan penggunaan jasa pembiayaan konsumen oleh masyarakat perlu pula ditingkatkan dengan peraturan hukum terkait yang baik. Salah satu aturan hukum terkait pembiayaan konsumen yang perlu diatur adalah mengenai eksekusi obyek jaminan. Peraturan hukum pembiayaan konsumen yang baik salah satunya dapat dilihat ketika eksekusinya obyek jaminan telah mematuhi aturan hukum terkait. Perumusan masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan hukum eksekusi jaminan fidusia dengan title eksekutorial. (2) Apakah Hambatan dalam penerapan hukum eksekusi obyek jaminan fidusia dengan title eksekutorial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dimana peneliti akan menguraikan fakta-fakta yang ada di lapangan disandingkan dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara dan studi pustaka. Wawancara akan dilakukan kepada 4 (empat) perusahaan pembiayaan dan 1 orang debitor. Studi dipustaka dengan membaca literatur terkait. Hasil penelitian eksekusi benda jaminan belum menerapkan aturan hukum terkait eksekusi obyek jaminan fidusia dengan Menggunakan tittle eksekutorial. Beberapa perusahaan pembiayaan dan konsumen perusahaan pembiayaan mengakui masih adanya penarikan tanpa adanya persetujuan debitor, dimana hal ini menyalahi aturan tentang eksekusi obyek jaminan fidusia dengan Menggunakan tittle eksekutorial terutama yang termuat dalam Mahkamah Konstitusi nomor 18/PUUXVII/ 2019 yang telah merubah Pasal 15 Undang-Undang Jaminan Fidusia mengenai “tittle eksekutorial” sehingga tidak dibenarkan lagi melakukan eksekusi benda jaminan tanpa adanya persetujuan debitor atau putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:10
Last Modified: 14 Mar 2023 02:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30968

Actions (login required)

View Item View Item