PERAN PENDAMPING DESA DALAM UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA PERBUATAN MALADMINISTRASI DALAM PROGRAM DANA DESA (Studi kasus Desa Sumberahayu, Kecamatan Limbangan , Kabupaten Kendal)

MADANI, BAKTI NUSA (2023) PERAN PENDAMPING DESA DALAM UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA PERBUATAN MALADMINISTRASI DALAM PROGRAM DANA DESA (Studi kasus Desa Sumberahayu, Kecamatan Limbangan , Kabupaten Kendal). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-BAB I_a.pdf

Download (622kB)
[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-BAB III_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-BAB IV_a.pdf

Download (341kB)
[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-DAPUS_a.pdf

Download (589kB)
[img] Text
17.C1.0108-BAKTI NUSA MADANI-LAMP_a.pdf

Download (472kB)

Abstract

Pembangunan di Indonesia mulai dari pinggiran dengan cara memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan semangat dalam Era Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menjadi prioritas sebagaimana yang di umumkan pada beberapa waktu lalu dalam program Nawacita yang ketiga. Sehingga pada tahap ini peran dari pendamping desa dituntut agar dapat memfasilitasi kegiatan yang bersumber dari dana desa meliputi Pembangunan yang lebih ditekankan kepada pengadaan infrastruktur atau sarana prasarana desa serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan penelitian: “Peran Pendamping Desa Dalam Upaya Pencegahan Terjadinya Perbuatan Maladministrasi Oleh Aparatur Desa Dalam Program Dana Desa Di Desa Sumberahayu Kecamatan Limbangan Kendal”. Penelitian ini meggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada proses pemahaman penulis pada objek-objek penelitian dan kemudian mengkonstruksikan objek penelitian tersebut secara terstrukur untuk melihat suatu persoalan hukum dengan menggunakan analisa yang holistic atau mendalam. Melihat banyaknya pedoman yang wajib digunakan oleh PEMDES Desa Sumberahayu selama mengelola program Dana Desa, bukan tidak mungkin manakala pendampingan tidak dilakukan oleh PLD maka bisa saja kesalahan pengelolaan dapat terjadi atau lebih buruk lagi adalah upaya mengangkangi prosedur hukum, yang di lakukan oleh aparatur Pemerintah Desa Sumberahayu secara sadar dan disengaja. Memastikan kelengkapan dokumen mulai dari perencanaan sampai pertanggung jawaban dan Mengefektifkan peran BPD Desa Sumberahayu dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Peran PLD/ Pendamping Lokal Desa ternyata sangat penting dalam mencegah perbuatan maladministrasi yang dilakukan oleh aparatur pemerintah desa sumberahayu. Maka dari itu peran PLD dalam mencegah terjadinya perbuatan maladministrasi dalam pengelolaan program Dana Desa oleh Aparatur Pemerintah Desa Sumberahayu memang sangat nyata dan terbukti. Kesuksesan dari pencapaian pembangunan Desa Sumberahayu mulai dari infrastruktur, peningkatan produksi pertanian, pengelolaan produk UMKM tentu tidak bisa terlepas dari peran PLD sebagai pekerja sosial, yang rela mendampingi Pemerintah Desa Sumberahayu dalam mensukseKan pengelolaan program Dana Desa yang manfaat, progresif serta dapat dirasakan oleh masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 14 Mar 2023 00:19
Last Modified: 14 Mar 2023 00:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30950

Actions (login required)

View Item View Item