PERAN YAYASAN KARYA CIPTA INDONESIA DALAM MELAKSANAKAN PERJANJIAN LISENSI HAK CIPTA LAGU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI KEPUSTAKAAN DI KARAOKE INUL VIZTA)

SANTOSO, YOHANNES IVAN PRADIPTA (2023) PERAN YAYASAN KARYA CIPTA INDONESIA DALAM MELAKSANAKAN PERJANJIAN LISENSI HAK CIPTA LAGU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI KEPUSTAKAAN DI KARAOKE INUL VIZTA). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-COVER_a.pdf

Download (475kB)
[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-BAB I_a.pdf

Download (305kB)
[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-BAB III_a.pdf

Download (290kB)
[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-BAB IV_a.pdf

Download (156kB)
[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-DAPUS_a.pdf

Download (215kB)
[img] Text
17.C1.0074-YOHANNES IVAN PRADIPTA SANTOSO-LAMP_a.pdf

Download (446kB)

Abstract

Indonesia merupakan suatu Negara yang memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang sangat kaya. Hal ini sejalan dengan keanekaragaman etnik, suku bangsa dan agama yang secara keseluruhan merupakan potensi nasional yang perlu dilindungi. Kekayaan dan budaya itu merupakan salah satu sumber dari karya intelektual yang dapat dan perlu dilindungi oleh undang undang. Hak Kekayaan Intelektual adalah hak yang timbul atas hasil olah pikir otak manusia yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada umumnya Hak Kekayaan Intelektual berhubungan dengan melindungi penerapan ide-ide dan informasi yang memiliki nilai komersial dan juga kekayaan pribadi yang dapat dimiliki dan diperlakukan sama dengan bentuk-bentuk kekayaan lainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dan analisis dilakukan secara kualitatif tanpa menggunakan suatu perhitungan secara matematis. Sumber data diperoleh dari hasil pencarian data di lapangan melalui teknik wawancara dengan narasumber dan studi pustaka. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Peran Yayasan Karya Cipta Indonesia dalam melaksanakan perjanjian lisensi hak cipta lagu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta studi kepustakaan di karaoke Inul Vizta, yakni Peran Yayasan Karya Cipta Indonesia dalam melakukan perjanjian lisensi karya cipta lagu dengan mempertemukan pihak pemberi lisensi (pencipta lagu) dan penerima lisensi (pengusaha karaoke) untuk melakukan perjanjian lisensi karya cipta lagu, Hambatan yang dihadapi oleh Yayasan Karya Cipta Indonesia dalam melakukan pelaksanaan perjanjian lisensi hak cipta lagu dengan pengusaha karaoke di Kota Semarang, yakni hanya terdapat kendala eksternal berupa ketidak pahaman pengusaha karaoke mengenai kewajibannya untuk melakukan perjanjian lisensi karya cipta lagu dan membayar Royalti kepada pencipta lagu membuat beberapa pengusaha karaoke enggan membuat perjanjian karya cipta lagu dan membayar Royalti, oleh karena itu pemerintah harus melakukan sosialisasi mengenai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Kesimpulan Penulis adalah peran Yayasan Karya Cipta Indonesia dalam melaksanakan perjanjian lisensi hak cipta lagu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta studi kepustakaan di Karaoke Inul Vizta, yakni Peran Yayasan Karya Cipta Indonesia dalam melakukan perjanjian lisensi karya cipta lagu dengan mempertemukan pihak pemberi lisensi (pencipta lagu) dan penerima lisensi (pengusaha karaoke) untuk melakukan perjanjian lisensi karya cipta lagu, yang dimana para pihak menuangkan hak dan kewajibanya Hambatan yang dihadapi oleh Yayasan Karya Cipta Indonesia dalam melakukan perjanjian lisensi hak cipta lagu dengan pengusaha karaoke di Kota Semarang, yakni terdapat kendala eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Copyright
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:25
Last Modified: 13 Mar 2023 01:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30943

Actions (login required)

View Item View Item