TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI DALAM PEMBAYARAN KLAIM TERHADAP ASURANSI KAPAL LAUT DI PT. ASURANSI TRI PAKARTA CABANG SEMARANG

Anthony, Cynthia Claudia (2023) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI DALAM PEMBAYARAN KLAIM TERHADAP ASURANSI KAPAL LAUT DI PT. ASURANSI TRI PAKARTA CABANG SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-BAB I_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-BAB III_a.pdf

Download (3MB)
[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-BAB IV_a.pdf

Download (323kB)
[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-DAPUS_a.pdf

Download (349kB)
[img] Text
16.C1.0019-Cynthia Claudia Anthony-LAMP_a.pdf

Download (505kB)

Abstract

Dalam dunia angkutan laut, kebakaran kapal menjadi masalah yang merugikan bagi perusahaan kapal, adanya perjanjian asuransi dapat mengalihkan risiko kerugian kapal dan memberikan klaim untuk mengganti risiko tersebut. Disisi lain permasalahan yang muncul menghambat perjanjian asuransi dalam melakukan tanggung jawab dalam penyelesaian klaim tersebut. Berdasarkan hal tersebut, rumusan permasalahan yang ditentukan yakni bagaimana pelaksanaan tanggung jawab perusahaan asuransi dalam pembayaran klaim kerugian terhadap terjadinya kebakaran kapal dan faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pemberian pembayaran klaim kerugian dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan tanggung jawab pembayaran klaim asuransi. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologi. Data yang digunakan dalam penelitian yakni data primer yang diperoleh dari studi lapangan melalui wawancara pihak yang bersangkutan dan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan melalui peraturan perundang-undangan dan buku literasi. Pelaksanaan tanggung jawab penyelesaian pembayaran klaim oleh PT. Asuransi Tri Pakarta diatur dalam Pasal 1320 KUHPdt, Pasal 251 KUHD, dan Pasal 246 KUHD, namun kekurangannya tidak adanya batas jangka waktu yang diatur dalam perundang-undangan. Perusahaan asuransi bertanggung jawab memberikan pembayaran klaim berupa nilai pertanggungan yang sesuai dengan kerusakan objek pertanggungan yaitu dengan pengembalian objek pertanggungan dan nilai nominal. Faktor-faktor penghambat terjadinya klaim asuransi antara lain adanya rekayasa fakta klaim oleh tertanggung menyebabkan tidak terpenuhinya unsur itikad baik dan bertentangan dalam Pasal 251 KUHD pemberitahuan yang tidak benar dan bertentangan dengan Pasal 1320 KUHPdt tentang syarat perjanjian dan Pasal 1338 angka (3) tentang pelaksanaan itikad baik dalam perjanjian. Tertanggung tidak mengerti hak dan kewajiban tertanggung selama pelaksanaan asuransi bertentangan dengan Pasal 31 angka (2) UUP Nomor 14 Tahun 2014 tentang kewajiban agen asuransi untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada tertanggung. Belum adanya peraturan mengenai jangka waktu dalam pemberian klaim ganti rugi membuat pembayaran klaim menjadi terlambat dan terlalu lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:09
Last Modified: 13 Mar 2023 01:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30924

Actions (login required)

View Item View Item