REVIEW LIMBAH PADI (Oryza sativa) SEBAGAI BAHAN DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK PENGEMAS, VALORISASI LAINNYA DAN KARAKTERISTIK PRODUKNYA REVIEW RICE (Oryza sativa) WASTE AS A MATERIAL IN THE BIOPLASTIC PACKAGING PRODUCTION, OTHER VALORIZATION AND ITS PRODUCT CHARACTERISTICS

PRIBANDANTI, YOSEFA AMELIA (2022) REVIEW LIMBAH PADI (Oryza sativa) SEBAGAI BAHAN DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK PENGEMAS, VALORISASI LAINNYA DAN KARAKTERISTIK PRODUKNYA REVIEW RICE (Oryza sativa) WASTE AS A MATERIAL IN THE BIOPLASTIC PACKAGING PRODUCTION, OTHER VALORIZATION AND ITS PRODUCT CHARACTERISTICS. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-COVER_a.pdf

Download (504kB)
[img] Text (BAB I)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-BAB I_a.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB III)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-BAB III_a.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-BAB IV_a.pdf

Download (502kB)
[img] Text (BAB V)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-BAB V_a.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB VI)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-BAB VI_a.pdf

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-DAPUS_a.pdf

Download (310kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I1.0109-YOSEFA AMELIA PRIBANDANTI-LAMP_a.pdf

Download (182kB)

Abstract

Lahan pertanian di Indonesia sangat luas dengan hasil pertanian salah satunya yaitu padi. Limbah padi dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengemas karena memiliki kandungan serat yang tinggi terutama serat selulosa pada jerami dan sekam padi. Salah satu kemasan yang terbuat dari limbah padi yaitu bioplastik, dimana kemasan jenis ini terbuat dari bahan alami yang dapat terdegradasi oleh lingkungan dan dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan kemasan konvensional. Selain pembuatan bioplastik dari limbah padi, dihasilkan juga produk-produk lain seperti biodegradable film, kertas, biobased, biokomposit dan lain-lain dengan berbagai penambahan bahan lainnya untuk mendukung pembuatan produk tersebut. Plasticizer, karboksimetil selulosa (CMC), pati, kitosan, serta larutan kimia yang digunakan akan menghasilkan karakteristik yang berbeda-beda seperti perubahan bentuk, kuat tarik, kekuatan robekan, panjang putus, elastisitas, ketahanan air, serta warna produk. Penggunaan bahan tambahan memiliki tujuan tersendiri seperti penambahan etanol dan asam trifluoroasetat (TFA) yang samasama bersifat mudah menguap. Efek yang ditimbulkan pada etanol yaitu terjadinya perubahan warna, sedangkan TFA bertujuan untuk pembengkakan selulosa selama proses produksi. Penggunaan pati akan menyebabkan produk menjadi rapuh sehingga perlu ditambahkan plasticizer untuk memperbaiki sifat elastisitasnya. Proses pembuatan bioplastik dan produk lainnya mulai dari persiapan bahan, produksi dengan ekstraksi untuk memisahkan bahan dengan komponen yang terkandung, delignifikasi untuk memisahkan kandungan lignin dari bahan, pemanasan, pengeringan, pencetakan, pendinginan hingga menghasilkan produk akhir. Peluang pengembangan produk dengan bahan baku berupa limbah padi di Indonesia besar, namun tidak semua bagian limbah padi dapat dimanfaatkan menjadi produk kemasan seperti batang, kulit dan dedak padi yang merupakan hasil sampingan padi setelah proses penggilingan. Pada pengembangan produk terdapat kendala seperti penggunaan bahan tambahan yang sulit didapat, mahal dan tidak banyak diproduksi sehingga perlu dilakukan modifikasi terhadap beberapa bahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Quality
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:52
Last Modified: 12 Dec 2022 02:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item