STUDI LITERATUR: PROSES PENGOLAHAN MINUMAN SERBUK EKSTRAK FAMILI ZINGIBERACEAE DENGAN METODE KRISTALISASI LITERATURE REVIEW: ZINGIBERACEAE FAMILY EXTRACT POWDER DRINK PROCESSING WITH CRYSTALLIZATION METHOD

Haryanto, Karyn Arlitta (2022) STUDI LITERATUR: PROSES PENGOLAHAN MINUMAN SERBUK EKSTRAK FAMILI ZINGIBERACEAE DENGAN METODE KRISTALISASI LITERATURE REVIEW: ZINGIBERACEAE FAMILY EXTRACT POWDER DRINK PROCESSING WITH CRYSTALLIZATION METHOD. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-BAB I_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-BAB III_a.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-BAB V_a.pdf

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-DAPUS_a.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I1.0083-Karyn Arlitta Haryanto-LAMP_a.pdf

Download (211kB)

Abstract

Rimpang famili Zingiberaceae banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan rempahrempah untuk bumbu dapur, bahan tambahan makanan dan minuman, dan untuk bidang kesehatan. Rempah-rempah yang paling umum ditemukan dan digunakan di Indonesia adalah jahe, kunyit, kencur, dan temulawak. Dengan berbagai manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh jahe, kunyit, kencur, dan temulawak, rimpang tersebut dapat memiliki potensi sebagai sumber pangan fungsional dan dapat diolah menjadi minuman fungsional. Minuman fungsional dapat diproses menjadi minuman serbuk instan untuk meningkatkan kepraktisan dan efisiensinya. Minuman serbuk instan dapat diperoleh dengan salah satu metode pengolahan, yaitu kristalisasi. Penelitian review ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan teknologi pengolahan minuman serbuk ekstrak famili Zingiberaceae dengan metode kristalisasi dan karakteristik minuman serbuk serta faktor yang mempengaruhinya. Tahap-tahap penelitian ini adalah analisis kesenjangan, perumusan diagram tulang ikan, lalu pengumpulan dan penyaringan literatur, kemudian dilakukan analisis serta tabulasi data yang diperoleh. Review ini diawali dengan mengkaji karakteristik famili Zingiberaceae dan proses kristalisasi dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian dilakukan analisis mengenai proses kristalisasi dengan bahan ekstrak famili Zingiberaceae. Pada penelitian ini diulas proses kristalisasi dan karakteristik produk akhir minuman serbuk jahe, kunyit, kencur, dan temulawak serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengulasan dilakukan juga untuk menganalisis kondisi proses dan perlakuan yang paling efektif serta memiliki potensi untuk memperoleh minuman serbuk instan dengan karakteristik paling baik. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa kondisi perlakuan penguapan dan penambahan gula sebagai agen pengkristal dapat berpengaruh terhadap laju proses kristalisasi dan karakteristik produk minuman serbuk. Proses penguapan merupakan tahap awal yang berlangsung sebelum kristal dapat terbentuk. Evaporasi dengan kombinasi vakum menunjukkan pengaruh yang baik terhadap laju kristalisasi dan mempertahankan komponen bioaktif dalam jahe, kunyit, kencur, dan temulawak yang bersifat sensitif terhadap panas. Selain itu, penggunaan kombinasi jenis gula pasir dengan gula merah atau gula aren juga memiliki pengaruh terhadap aktivitas antioksidan pada minuman serbuk. Proses kristalisasi dapat digunakan sebagai metode pengolahan ekstrak famili Zingiberaceae menjadi minuman serbuk yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Processing
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Quality
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:45
Last Modified: 08 Dec 2022 01:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item