KAJIAN LITERATUR DETEKSI GELATIN BABI PADA KASUS PEMALSUAN SARANG BURUNG WALET LITERATURE REVIEW ON PORCINE GELATIN DETECTION IN THE CASE OF EDIBLE BIRD NEST ADULTERATION

Budianto, Angelia Qalista Nerika (2022) KAJIAN LITERATUR DETEKSI GELATIN BABI PADA KASUS PEMALSUAN SARANG BURUNG WALET LITERATURE REVIEW ON PORCINE GELATIN DETECTION IN THE CASE OF EDIBLE BIRD NEST ADULTERATION. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-COVER_a.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB I)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-BAB I_a.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB II)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-BAB III_a.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-BAB IV_a.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB V)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-BAB V_a.pdf

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-DAPUS_a.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I1.0051-Angelia Qalista Nerika Budianto-LAMP_a.pdf

Download (168kB)

Abstract

Sarang burung walet adalah bahan alami yang terbuat dari air liur burung walet yang telah mengeras. Sarang burung walet mempunyai nilai jual yang tinggi karena bernilai gizi tinggi dan dipercaya dapat meredakan asma, meningkatkan metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh serta mencegah malnutrisi. Akan tetapi banyak ditemukan oknum- oknum yang menjadikan sarang burung sebagai target pemalsuan. Hal ini tentu merugikan bagi banyak pihak yang tidak bisa atau dilarang untuk mengonsumsi bahan pemalsu yang tidak halal. Maka dari itu, penelitian tentang identifikasi gelatin babi pada sarang burung walet menjadi sangat penting. Tujuan dari review ini adalah untuk memetakan efektivitas berbagai metode deteksi untuk keberadaan gelatin babi pada kasus sarang burung walet. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan adanya sumber data sekunder yaitu data yang berasal dari jurnal rujukan. Dari beberapa review maupun jurnal yang ada disebutkan bahwa metode spektroskopi (FTIR, MIR, NIR), metode PCR, metode ELISA dan metode campuran dapat mendeteksi keberadaan gelatin babi pada sarang burung walet. Cara pendeteksian dari setiap sampel diawali dengan preparasi sampel terlebih dahulu. Dari hasil review diperoleh bahwa FTIR mampu mendeteksi konsentrasi gelatin terendah sebesar 1 % spektra adulterant yang mampu dideteksi yaitu pada bilangan gelombang 1600-1745 cm-1 dengan gugus fungsi C=O. Metode ELISA 2 adalah metode yang efektif karena konsentrasi yang dapat dideteksi lebih sensitif, tidak menggunakan banyak bahan kimia, dan konsentrasi terendah sebesar 0,05%, dengan LOD 0,10% dan LOQ 0,26% di pAb2. Metode LAMP merupakan metode yang lebih efektif karena validitas dan kesesuaian sangat baik, alat yang dibutuhkan mudah serta cara kerja cepat, dengan LOD serta konsentrasi terendah sebesar 0,01%. Analisis Spektrometri Massa Tandem nano LC-QTRAP-MS/MS dapat mengukur banyak analitik secara bersamaan, sensitif dan persiapan sampel dapat disederhana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:40
Last Modified: 08 Dec 2022 01:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item