KAJIAN METODE DETEKSI MINERAL OIL SATURATED HYDROCARBON (MOSH), MINERAL OIL AROMATIC HYDROCARBON (MOAH), DAN CERAMIDE PADA PRODUK PANGAN STUDY OF MINERAL OIL SATURATED HYDROCARBON (MOSH), MINERAL OIL AROMATIC HYDROCARBON (MOAH), AND CERAMIDE DETECTION METHODS IN FOOD PRODUCTS

Rahmantyo, Bonifasius (2022) KAJIAN METODE DETEKSI MINERAL OIL SATURATED HYDROCARBON (MOSH), MINERAL OIL AROMATIC HYDROCARBON (MOAH), DAN CERAMIDE PADA PRODUK PANGAN STUDY OF MINERAL OIL SATURATED HYDROCARBON (MOSH), MINERAL OIL AROMATIC HYDROCARBON (MOAH), AND CERAMIDE DETECTION METHODS IN FOOD PRODUCTS. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-COVER_a.pdf

Download (915kB)
[img] Text (BAB I)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-BAB I_a.pdf

Download (708kB)
[img] Text (BAB II)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-BAB III_a.pdf

Download (610kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-BAB IV_a.pdf

Download (499kB)
[img] Text (BAB V)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-BAB V_a.pdf

Download (303kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-DAPUS_a.pdf

Download (476kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I1.0039-Bonifasius Rahmantyo-LAMP_a.pdf

Download (336kB)

Abstract

Kontaminasi yang dihasilkan dari pelumas, bahan kemasan, maupun proses pengolahan dengan penggunaan minyak, akan menghasilkan senyawa toksik berupa minyak mineral dan ceramide yang mudah untuk bermigrasi ke produk. Dari 152 produk yang diuji ditemukan pencemaran minyak mineral sebanyak 19 diantaranya (12,5%) ditemukan mengandung kadar MOAH berkisar antara 0,63 hingga 82 mg/kg makanan, sedangkan MOSH di 92% produk yang diuji dengan konsentrasi mulai dari 0,5 hingga 140 mg/kg .\nKarakteristik bahan, proses pengolahan, dan jenis kemasan yang digunakan makanan menjadi faktor-faktor yang berpotensi membentuk senyawa MOHs dan ceramide, dan menjadi kunci untuk mencegah akumulasi senyawa dan timbulnya efek toksisitas jangka panjang dalam tubuh. MOSH terdiri dari rantai terbuka, hidrokarbon bercabang (parafin) dan hidrokarbon jenuh siklik (naphthenes), yang umumnya sangat teralkilasi dan mengandung satu atau lebih cincin. MOAH termasuk aromatik mono atau polisiklik molekul, yang juga sangat teralkilasi. Hhidrokarbon yang memiliki setidaknya satu cincin aromatik juga dianggap sebagai MOAH meskipun secara dominan termasuk jenuh. Ceramide dihasilkan dari sintesis asam lemak dan sphingosine yang didapatkan dari konsumsi diet tinggi lemak. Ceramide dapat terbentuk dari senyawa turunan lemak dari asam lemak bebas yang dihasilkan selama proses pemanasan yang berlebih dan metabolism tubuh terhadap diet lemak berlebih.Metode yang dilakukan yaitu melakukan analisis kesenjangan, pengumpulan literatur, melakukan penyortiran berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, penyaringan literatur, dan pembuatan desain konseptual. Hasil yang didapatkan adalah terdapat sekitar 50 jurnal terpilih yang digunakan sebagai data dan dianalisis, serta beberapa sumber pendukunng lain. Berdasarkan analisis, diketahui bahwa sebagian besar kontaminasi MOSH dan MOAH pada pangan berasal dari migrasi dari bahan pengemasnya. Bahan pengemas yang dapat memigrasikan MOSH dan MOAH yaitu paling banyak pengemas berbahan kertas. Metode analisis yang umum digunakan adalah metode gabungan karena karakteristik kontaminan yang kompleks, metode yang paling banyak digunakan yaitu HPLC, GC, dan FID. MOSH dan MOAH diketahui sebagai zat karsinogenik yang dapat memicu terjadinya kanker. Sedangkan ceramide umumnya berasal dari makanan itu sendiri yang umumnya memiliki kandungan lemak. Metode analisis yang umum digunakan adalah HPLC, MS/MS, dam TLC. Walaupun ceramide memiliki beberapa manfaat, ceramide diketahui menyebabkan resistensi terhadap obat-obat tertentu, dan dapat menyebabkan lipotoksisitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:38
Last Modified: 08 Dec 2022 01:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30414

Actions (login required)

View Item View Item