PLASTIK BIODEGRADABLE BERBASIS KULIT SINGKONG DANAPLIKASINYA DALAM BIDANG PANGAN BIODEGRADABLE PLASTIC BASED ON CASSAVA PEEL AND ITS APPLICATION IN FOOD SECTOR

PUSPITASARI, SHELINA (2022) PLASTIK BIODEGRADABLE BERBASIS KULIT SINGKONG DANAPLIKASINYA DALAM BIDANG PANGAN BIODEGRADABLE PLASTIC BASED ON CASSAVA PEEL AND ITS APPLICATION IN FOOD SECTOR. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-COVER_a.pdf

Download (732kB)
[img] Text (BAB I)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-BAB I_a.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB III)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-BAB III_a.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-BAB IV_a.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB V)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-BAB V_a.pdf

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-DAPUS_a.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I1.0019-SHELINA PUSPITASARI-LAMP_a.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penggunaan plastik yang berlebihan dapat mengancam ekosistem bahkan kesehatan manusia karena saat bahan plastik diuraikan dengan cara pembakaran akan menghasilkan senyawa dioksin yang berbahaya. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu inovasi yang perlu dikembangkan untuk menggantikan penggunaan plastik konvensional dengan bioplastik. Bioplastik sendiri terbuat dari bahan yang berasal dari alam yang dapat diuraikan dengan mudah oleh mikroorganisme sehingga aman untuk digunakan. Bahan yang sering digunakan dalam pembuatan bioplastik adalah pati. Pati bisa diperoleh dari mana saja termasuk sisa limbah pengolahan produk singkong seperti kulitnya. Kulit singkong mengandung pati yang cukup tinggi sehingga dapat diolah menjadi bioplastik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana proses pengolahan limbah kulit singkong dan karakteristik hasil plastik biodegradable-nya. Penelitian ini akan dilakukan melalui metode review literature. Pencarian literatur review dilakukan dengan mencari kata kunci yang terdapat pada website ilmiah yang bisa diakses melalui internet seperti “plastik biodegradable”, “bioplastik kulit singkong” atau “cassava peel bioplastic”, “pati kulit singkong”, dan “pemanfaatan limbah kulit singkong”. Maka dipilihlah beberapa jurnal yang menjadi artikel utama yang digunakan. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa karakteristik kuat tarik bioplastik berbanding terbalik dengan elongasi sehingga diperlukan plasticizer yang dapat memperkuat keduanya. Penambahan kitosan + gliserol dapat menghasilkan kuat tarik dan elongasi bioplastik yang seimbang karena fungsi kitosan sebagai peningkat kuat tarik dan gliserol meningkatkan elongasi. Waktu degradasi bioplastik dengan penambahan sorbitol maupun gliserol tidak jauh berbeda. Namun selain bahan tersebut, biodegradasi bioplastik dapat dipercepat dengan dukungan lingkungan seperti kelembaban, jenis tanah, dan penggunaan EM4. Komposisi terbaik dalam menciptakan plastik biodegradable pati kulit singkong yang kuat, elastis, transparan, daya serap air yang rendah, dan biodegradasi yang cepat dapat menggunakan kitosan, gliserol, CaCO3 dan limonen. Untuk penelitian selanjutnya disarankan membahas permasalahan secara lebih spesifik. Misalnya menganalisis spesifik terkait penggunaan suhu dalam proses pembuatan bioplastik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:30
Last Modified: 08 Dec 2022 01:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30398

Actions (login required)

View Item View Item