PENGARUH PESTISIDA NABATI DAUN TEMBAKAU TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA SAYURAN BAYAM HIJAU (Amaranthus sp) EFFECT OF TOBACCO LEAVES VEGETABLE PESTICIDES ON PHYSICAL AND CHEMICAL CHARACTERISTICS ON GREEN SPINACH (Amaranthus sp)

YUNIASARI, FRANSISCA ARDANIA (2022) PENGARUH PESTISIDA NABATI DAUN TEMBAKAU TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA SAYURAN BAYAM HIJAU (Amaranthus sp) EFFECT OF TOBACCO LEAVES VEGETABLE PESTICIDES ON PHYSICAL AND CHEMICAL CHARACTERISTICS ON GREEN SPINACH (Amaranthus sp). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-COVER_a.pdf

Download (535kB)
[img] Text (BAB I)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-BAB I_a.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-BAB III_a.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-BAB IV_a.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB V)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-BAB V_a.pdf

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-DAPUS_a.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.I1.0177-FRANSISCA ARDANIA YUNIASARI-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sayuran Bayam Hijau (Amaranthus sp.) merupakan sayuran yang dapat tumbuh sepanjang tahun. Salah satu kendala dalam membudidayakan sayuran bayam hijau yaitu terserang hama. Jenis hama yang menyerang tanaman bayam hijau diantaranya : ulat daun, kutu daun, dan belalang. Jenis penyakit yang sering dijumpai adalah rebah kecambah ( Rhizoctonia solani) dan penyakit karat putih (Albugo sp.). Sayuran bayam hijau yang terserang hama menyebabkan nutrisi tidak dapat diproses secara sempurna, produktivitas tanaman menurun dan menyebabkan gagal panen. Tembakau (Nicotiana tabacum) merupakan tanaman semusim dimana bagian tanaman yang paling umum dimanfaatkan adalah daunnya. Tembakau mengandung alkaloid nikotin yang berdampak buruk bagi manusia juga sangat beracun untuk serangga sehingga nikotin dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai bioinsektisida. Pestisida nabati dari daun tembakau merupakan salah satu upaya pengendalian hama yang menyerang pada sayuran bayam hijau. Dengan adanya pestisida nabati mampu membantu para petani dalam mengendalikan hama dan membantu produktivitas lahan pertanian yang dikelola. Selain itu, pestisida nabati ini juga sangat aman untuk diaplikasikan karena tidak mengandung residu bahan kimia sehingga ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pestisida nabati dari daun tembakau terhadap karakteristik fisik dan kimia pada sayuran bayam hijau segar dan hot water blanching. Penelitian ini dilakukan dengan 5 perlakuan antara lain : 1. Perlakuan kontrol, 2. Perlakuan 200 gram tembakau dengan aquades 500 ml, 3. Perlakuan 250 gram tembakau dengan aquades 500 ml, 4. Perlakuan 300 gram tembakau dengan aquades 500 ml, 5. Perlakuan 200 gram tembakau dengan 500 ml aquades dan 400 ml etanol 96%. Kemudian dilakukan analisa kimia pada sayuran bayam hijau meliputi uji kadar mineral, kadar vitamin C, dan kadar nikotin. Selain itu, dilakukan juga analisa fisik yaitu analisa warna dan analisa tekstur. Masing-masing pengujian dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan pestisida nabati daun tembakau mempengaruhi karakteristik fisik dan kimia pada sayuran bayam hijau. Didapatkan hasil kadar nikotin tertinggi diperoleh daun bayam segar T5 dengan nilai 0,34±0,07ab setara dengan 3,4 mg/kg dan batang bayam segar T5 dengan nilai 0,32±0,11c setara dengan 3,2 mg/kg. Pestisida nabati daun tembakau memberikan dampak positif pada sayuran bayam hijau yaitu kesuburan dan kandungan nikotin yang terserap pada sayuran bayam hijau tidak melebihi batasan maksimal kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh yaitu 6 mg/kg.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Chemical Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:39
Last Modified: 07 Dec 2022 06:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30382

Actions (login required)

View Item View Item