PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI, ORIENTASI ETIS, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN GENDER TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING

Putri, Brigita Ira Larasati Rahoyo (2022) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI, ORIENTASI ETIS, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN GENDER TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-COVER_a.pdf

Download (342kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-BAB I_a.pdf

Download (193kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-BAB III_a.pdf

Download (302kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-BAB IV_a.pdf

Download (346kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-BAB V_a.pdf

Download (111kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-DAPUS_a.pdf

Download (249kB)
[img] Text
18.G1.0041-Brigita Ira Larasati Rahoyo Putri-LAMP_a.pdf

Download (586kB)

Abstract

Akuntansi merupakan suatu proses yang diawali dengan melakukan pencatatan, pengelompokan, pengolahan, penyajian data, dan pecatatan terkait transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Laporan keuangan harus memberikan gambaran mengenai keuangan perusahaan secara nyata. PSAK mengacu pada IFRS, menggunakan principal based sehingga memunculkan Creative Accounting. Creative Accounting merupakan proses memanipulasi laporan keuangan supaya perusahaan dapat mencapai target tertentu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan Etika Profesi, Orientasi Etis, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Gender terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas di Semarang yang sedang atau telah mengambil mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini ada sebanyak 153 responden yang berasal dari 8 Universitas di Kota Semarang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji t. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Terdapat pengaruh negatif Pengetahuan Etika Profesi terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting. (2) Terdapat pengaruh negatif Orientasi Etis terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accountin. (3) Terdapat pengaruh negatif Kecerdasan Intelektual terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting. (4) Terdapat pengaruh negatif Kecerdasan Spiritual terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting. (5) Terdapat pengaruh positif Gender terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Oct 2022 05:50
Last Modified: 18 Oct 2022 05:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item