HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA

Putri, Frisca Ayu Melinda (2022) HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-COVER_a.pdf

Download (725kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-BAB I_a.pdf

Download (320kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-BAB III_a.pdf

Download (325kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-BAB IV_a.pdf

Download (341kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-BAB V_a.pdf

Download (332kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-BAB VI_a.pdf

Download (283kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-DAPUS_a.pdf

Download (330kB)
[img] Text
15.E1.0113-Frisca Ayu Melinda Putri-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecenderungan kecanduan game online dengan penyesuaian sosial pada remaja. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara kecenderungan kecanduan game online dengan penyesuaian sosial pada remaja. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional, penyesuaian sosial sebagai variabel tergantung dan kecenderungan kecanduan game online sebagai variabel bebas. Populasi penelitian ini adalah 63 remaja gamers online di Kota Semarang, dengan rentang usia 15-18 Tahun dan sedang menempuh pendidikan SMA kelas XI di SMA ‘X’ Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Penyesuaian Sosial dan Skala Kecenderungan Kecanduan Game Online. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik menggunakan teknik Spearman Rho. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, didapatkan rxy = -0, 222; p = 0,041 (p < 0,05), artinya ada hubungan negatif yang cukup signifikan antara kecanduan game online dengan penyesuaian sosial pada Remaja, dimana semakin tinggi kecanduan game online maka semakin rendah penyesuaian sosial pada remaja, dan sebaliknya, dengan demikian hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:25
Last Modified: 03 Oct 2022 07:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29589

Actions (login required)

View Item View Item