REVIEW PENGARUH MINDFUL EATING TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN DAN PEMILIHAN MAKANAN YANG BURUK AKIBAT TEKANAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DAN ORANG DEWASA

WALUYO, AURIN (2022) REVIEW PENGARUH MINDFUL EATING TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN DAN PEMILIHAN MAKANAN YANG BURUK AKIBAT TEKANAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DAN ORANG DEWASA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-COVER_a.pdf

Download (549kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-BAB I_a.pdf

Download (276kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-BAB III_a.pdf

Download (586kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-BAB IV_a.pdf

Download (293kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-BAB V_a.pdf

Download (120kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-DAPUS_a.pdf

Download (316kB)
[img] Text
18.I2.0020-AURIN WALUYO-LAMP_a.pdf

Download (143kB)

Abstract

Tekanan psikologis pada kehidupan remaja dan orang dewasa dapat menyebabkan pemilihan makanan yang buruk dan menimbulkan overweight hingga obesitas. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mindful eating. Review ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindful eating terhadap kenaikan berat badan dan pemilihan makanan yang buruk akibat tekanan psikologis pada remaja dan orang dewasa. Pada review ini, dilakukan pengumpulan literatur menggunakan Google Scholar, Science Direct, PubMed, dan SpringerLink. Literatur yang telah dikumpulkan (n = 64) akan disaring lebih lanjut dengan menggunakan kriteria inklusi. Kriteria inklusinya antara lain melibatkan mindful eating sebagai program intervensi, responden berupa orang dewasa dan remaja yang tidak sedang hamil, memiliki kualitas Q1 hingga Q3 dengan tahun penerbitan 2011 hingga 2021. Melalui penyaringan literatur, diperoleh artikel data (n = 18) yang dapat digunakan datanya untuk diekstrak, dianalisis, dan ditabulasi. Hasil penelitian cross-sectional menyatakan bahwa mindful eating dapat menurunkan BMI1, pemilihan makanan yang buruk, dan depresi. Hasil penelitian randomized controlled trials menyatakan bahwa intervensi mindful eating dapat menurunkan BMI, uncontrolled eating, asupan lemak, asupan kalori, disinhibition, binge eating, external eating, dan depresi. Mindful eating dapat menjadi salah satu strategi untuk mendukung pola makan yang sehat, mempertahankan BMI, serta mencegah depresi. Intervensi mindful eating tidak signifikan dalam menurunkan berat badan, lingkar pinggang, restrictive eating, emotional eating, stres, anxiety, dan kortisol. Maka, mindful eating cenderung efektif dalam mencegah pemilihan makanan yang buruk yang mungkin diakibatkan oleh tekanan psikologis dan mencegah depresi yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan dan pemilihan makanan yang buruk. Mindful eating cenderung tidak efektif dalam mencegah kenaikan berat badan, stres, anxiety, dan peningkatan sekresi hormon kortisol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:29
Last Modified: 24 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28883

Actions (login required)

View Item View Item