PERENCANAAN USAHA JASTIP PASAR TRADISIONAL BERBASIS WHATSAPP

Wiranto, Rio (2022) PERENCANAAN USAHA JASTIP PASAR TRADISIONAL BERBASIS WHATSAPP. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-BAB I_a.pdf

Download (800kB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-BAB III_a.pdf

Download (503kB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-BAB V_a.pdf

Download (435kB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-DAPUS_a.pdf

Download (595kB)
[img] Text
19.D3.0018-Rio Wiranto-LAMP_a.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seiring peningkatan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, terlebih sejak masa pandemi Covid-19 di Indonesia, memicu timbulnya berbagai model bisnis berbasis teknologi. Salah satu ide model bisnis berbasis teknologi yang direncanakan oleh peneliti yakni bisnis layanan jasa titip untuk pasar tradisional berbasis WhatsApp. Rencana bisnis ini bertujuan untuk memenuhi permintaan masyarakat terkait produk-produk di pasar tradisional, khususnya masyarakat kota Semarang. Adapun pasar tradisional yang dipilih dalam perencanaan bisnis ini berdasarkan hasil pra survey tahap 1 dengan persentase sebesar 42,4% yakni pasar Gang Baru. Perencanaan ide bisnis ini juga didukung dengan tingginya persentase kebergunaan layanan jasa titip di tengah pandemi, yang didasarkan pada hasil pra survey tahap 1 dan 2 dengan persentase sebesar 83% dan 100%. Pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi yang digunakan dalam perencanaan bisnis jasa titip ini juga didukung atas hasil pra survey tahap 1 dan 2 sebesar 75,8% dan 100%. Berdasarkan data tersebut, peneliti membuat formulasi rencana bisnis terkait aspek pemasaran, sumber daya manusia, operasional dan keuangan. Dalam mendukung kelayakan usaha yang direncanakan, maka peneliti melakukan perhitungan Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI) dan Payback Period (PP) dengan hasil keseluruhan menyatakan bahwa perencanaan usaha jasa titip pasar tradisional berbasis WhatsApp dengan merek “Pasar Mlayu” layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:17
Last Modified: 20 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28783

Actions (login required)

View Item View Item