SEKOLAH DASAR ALAM BAGI MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KABUPATEN SEMARANG DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE ARCHITECTURE

Panggulu, Myrasri Wuyung (2022) SEKOLAH DASAR ALAM BAGI MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KABUPATEN SEMARANG DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE ARCHITECTURE. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB I)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text (BAB II)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB V)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.A1.0050-Myrasri Wuyung Panggulu-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Semarang mengalami penurunan. Salah satu faktor yang turut mendukung turunnya indeks pembangunan pendidikan di Kabupaten Semarang ialah minat masyarakat untuk melakukan jenjang pendidikan sekolah. Sebab, Biaya layanan pendidikan yang semakin tidak terjangkau membuat golongan masyarakat kurang mampu mengklasifikasikan pendidikan ke dalam kebutuhan tersier. Sedangkan berkualitasnya sumber daya manusia di suatu daerah dapat diketahui dengan melihat tingkat pendidikan penduduknya. Jika tingkat pendidikan baik maka kondisi sosial ekonominya akan berkembang. Adanya fasilitas layanan pendidikan alternatif dengan biaya terjangkau dirasa butuh dalam penanganan masalah ini. Alam dapat dimanfaatkan sebagai ruang, media, dan objek dari pembelajaran, melalui alam dirasa cukup menghemat biaya penggunaan energi pada bangunan.. Sekolah alam adalah sekolah dengan konsep pendidikan alternatif informal dengan manusia adalah pengelola dan pemelihara alam untuk menjaga keseimbangan. Dimana anak belajar melalui pengalaman secara langsung (Action Learning) dan menggunakan metode belajar ruang terbuka yakni anak dibebaskan mengeksplorasi alam sekitarnya. Untuk mengurangi beban biaya operasional sekolah yaitu dengan memaksimalkan potensi yang ada di alam sebagai solusi permasalahan lingkungan, kenyamanan, estetika dan biaya. Konsep Sustainable Architecture merupakan solusi dari pembangunan yang berkelanjutan dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang mampu dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang di Sekolah Dasar Alam yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan energi. Kabupaten Semarang dinilai cocok untuk menjadi tempat berdirinya Sekolah Dasar Alam bagi Masyarakat Kurang Mampu. Selain menjadi kawasan pengembangan pendidikan menurut Peraturan Daerah, namun juga baru memiliki satu sekolah alam yang tersedia. Selain itu, persentase penduduk miskin dikawasan ini cukup tinggi dengan tingkat pendidikan yang rendah, sehingga tepat dihadirkan di Kabupaten Semarang. Melalui strategi dan teknologi yang diterdapat dalam Sustainable Architecture yaitu efisiensi energi, penggunaan material potensi sekitar, dan konservasi air diharapkan mampu menekan biaya operasional dan dapat menciptakan sarana edukasi yang bisa mewadahi kreatifitas masyarakat kurang mampu dengan memanfaatkan potensi alam sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:38
Last Modified: 13 Apr 2022 02:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item View Item