IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI PUBLIK PPID PEMBANTU DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG MELALUI SITUS PPD.SEMARANGKOTA.GO.ID PADA TAHUN AJARAN 2021/2022

ASMONO, ELIZABETH EVELYN (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI PUBLIK PPID PEMBANTU DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG MELALUI SITUS PPD.SEMARANGKOTA.GO.ID PADA TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-COVER_a.pdf

Download (994kB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-BAB I_a.pdf

Download (276kB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-BAB III_a.pdf

Download (217kB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-BAB V_a.pdf

Download (183kB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-DAPUS_a.pdf

Download (319kB)
[img] Text
17.M1.0021-ELIZABETH EVELYN ASMONO-LAMP_a.pdf

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewajiban badan publik dalam menyediakan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan. Situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu situs Dinas Pendidikan Kota Semarang yang menjadi wujud nyata dari layanan informasi publik di bidang pendidikan yang mudah, cepat, efisien, transparan, terukur dan akuntabel. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan informasi publik PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Semarang melalui situs ppd.semarangkota.go.id pada Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah informasi publik pada situs ppd.semarangkota.go.id pada Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bidang pelayanan dan pengelolaan informasi serta bidang pengolahan data dan dokumentasi informasi PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Semarang, memiliki tugas pelayanan mengenai data peserta didik. Pengimplementasian PPDB Tahun Ajaran 2021/2022 lebih baik dengan adanya sistem baru prapendaftaran sebagai verifikasi data. Akan tetapi, masih terdapat kesalahan input identitas data peserta didik dari luar zona menjadi data pendaftar dalam zona seperti yang pada hasil seleksi. Selain itu, dalam menanggapi pengaduan melalui berbagai media sosial yang dimiliki masih belum semuanya ditanggapi dengan baik. Namun secara keseluruhan data yang disediakan pada situs telah lengkap dan cukup dipahami serta pemanfaatan situs PPDB telah berjalan baik sesuai dengan prinsip good governance. Pengimplementasian informasi publik juga didukung proses komunikasi organisasi dan pemerintahan yang sesuai sehingga terbentuk situs yang informatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:52
Last Modified: 30 Nov 2021 04:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item