RISET INOVASI PRODUK BARU: SPHERE DRESSING YANG DIPRODUKSI DENGAN TEKNIK REVERSE SPHERIFICATION TERHADAP PENERIMAAN RESPONDEN

HAPSARI, ERNA WIDIA (2021) RISET INOVASI PRODUK BARU: SPHERE DRESSING YANG DIPRODUKSI DENGAN TEKNIK REVERSE SPHERIFICATION TERHADAP PENERIMAAN RESPONDEN. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-COVER_a.pdf

Download (986kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-BAB I_a.pdf

Download (368kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-BAB III_a.pdf

Download (253kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-BAB IV_a.pdf

Download (225kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-BAB V_a.pdf

Download (205kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-DAPUS_a.pdf

Download (357kB)
[img] Text
15.I2.0033-ERNA WIDIA HAPSARI-LAMP_a.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penyajian salad buah pada umumnya dihidangkan dengan menggunakan dressing yang biasa disajikan dengan bentuk cairan kental (semi solid). Oleh sebab itu, dilakukan inovasi terhadap penyajian bentuk dressing agar tampak lebih menarik, yaitu membuat dressing dalam bentuk sphere atau atau biasa dikenal dengan nama boba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh satu formulasi produk terbaik menurut responden dan mengevaluasi tingkat penerimaan responden terhadap penyajian bentuk pada inovasi sphere dressing. Penelitian ini dilakukan 3 tahap, yang pertama adalah observasi, kedua adalah penelitian pendahuluan dan dan ketiga adalah penelitian utama. Observasi dilakukan secara informal terhadap 15 narasumber. Kemudian dilanjutkan penelitian pendahuluan yaitu menentukan konsentrasi bahan yang digunakan untuk menentukan dressing yang paling disukai dengan parameter (rasa, aroma, kekentalan, dan overall) yang diujikan kepada 30 responden. Terakhir, dilakukan penelitian utama untuk menentukan produk sphere dressing yang paling disukai dengan parameter (rasa, aroma, mouthfeel, tekstur, bentuk, dan overall) yang diujikan kepada 40 responden. Hasil penelitian ini berupa data sensori yang semuanya disajikan dalam analisis karakteristik sensori dengan menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian terbaik pada penelitian pendahuluan adalah formulasi F1 dengan perbandingan (yogurt 200g : mayones 100g : susu kental manis 100g) dengan nilai (2,40). Hasil tersebut didasari tingkat kesukaan keseluruhan tertinggi oleh responden. Analisis sensori yang menunjukan adanya perbedaan yang nyata pada parameter overall dan parameter rasa, aroma, dan kekentalan tidak ada perbedaan yang nyata. Hasil terbaik dari penelitian utama adalah perlakuan A yaitu dengan penambahan 1% kalsium laktat dari total jumlah bahan (formulasi terbaik yang diperoleh dari penelitian pendahuluan) dengan nilai (2,25). Hasil tersebut didasari tingkat kesukaan keseluruhan tertinggi oleh responden. Analisis sensori yang menunjukan adanya perbedaan yang nyata pada parameter overall dan parameter rasa, aroma, mouthfeel, tekstur, dan bentuk tidak adanya perbedaan yang nyata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Development Product
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:49
Last Modified: 29 Nov 2021 03:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27495

Actions (login required)

View Item View Item