ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA MANIPULASI DATA BERUPA PROMO UANG KEMBALI (CASHBACK) PADA SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK

DAJTMIKO, WAHYUDI BUDI (2021) ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA MANIPULASI DATA BERUPA PROMO UANG KEMBALI (CASHBACK) PADA SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-COVER_a.pdf

Download (538kB)
[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-BAB I_a.pdf

Download (318kB)
[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-BAB III_a.pdf

Download (395kB)
[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-BAB IV_a.pdf

Download (158kB)
[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-DAPUS_a.pdf

Download (226kB)
[img] Text
17.C1.0083-WAHYUDI BUDI DAJTMIKO-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PDANA MANIPULASI DATA BERUPA PROMO UANG KEMBALI (CASBACK) PADA SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK (Studi Putusan PN Kediri Nomor 52/Pid.Sus/2019/PN KDR), Tujuan yang ingin dicapai oleh Penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap tindak pidana manipulasi data berupa promo uang kembali (cashback) pada situs jual beli online Bukalapak pada putusan Nomor 52/Pid.Sus/2019/PN KDR Tahun 2019, dan untuk mengetahui hambatan yang ditemui Hakim dalam dalam menjatuhkan putusan terhadap tindak pidana manipulasi data berupa promo uang Kembali (cashback) pada situs jual beli online Bukalapak pada putusan Nomor 52/Pid.Sus/2019/PN KDR Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang terarah terhadap hakim dan penelitian kepustakaan seperti menganalisis isi peraturan perundang-undangan, pendapat para ahli yang terangkum dalam literatur dan jurnal ilmiah. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif atau analisis isi terhadap elemen penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh ialah sebagai berikut: pertimbangan hakim dalam memutus perkara pada kasus tindak pidana manipulasi data di Pengadilan Negeri Kediri terdiri dari faktor yuridis berupa adanya dakwaan, fakta di persidangan, keterangan terdakwa, alat bukti, barang bukti; dan faktor non yuridis berupa latar belakang sosial terdakwa, latar belakang ekonomi terdakwa, dan motif perbuatan terdakwa. Faktor yuridis memiliki peran yang lebih besar bagi hakim dalam menjatuhkan putusan. Selain itu terdapat hal-hal yang memberatkan terdakwa yaitu perbuatan terdakwa telah merugikan PT. Bukalapak.com, hal-hal yang meringankan yaitu terdakwa menyesali perbuatannya serta berjanji tidak mengulangi perbuatannya, Terdakwa bersikap sopan di persidangan, dan terdakwa belum pernah dihukum. Selain itu dalam penulisan hukum ini juga Penulis sampaikan mengenai hambatan-hambatan majelis hakim dalam memutus tindak pidana manipulasi data berupa cashback di Pengadilan Negeri Kediri. Saran dari peneliti adalah agar dalam konteks kepastian hukum, maka perlu adanya pemetaan yang jelas mengenai dasar-dasar pertimbangan yuridis maupun non yuridis untuk memperjelas dasar pertimbangan putusan hakim, dan juga terkait hakim dalam menangani proses perkara pidana dalam hal ini cybercrime, perlu diberikan Pendidikan dan wawasan serta latihan tentang teknologi informasi saat ini dimana kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:40
Last Modified: 15 Nov 2021 03:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item View Item