PELAKSANAAN MEDIASI DALAM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK SEBAGAI PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE (STUDI KASUS NOMOR: LP/ B/ 10/ IV/ 2018/ JATENG/ RESTABES SMG/ SEK GJH M DI POLSEK GAJAHMUNGKUR SEMARANG)

TRIONO, TIO JUAN CARLOS (2021) PELAKSANAAN MEDIASI DALAM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK SEBAGAI PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE (STUDI KASUS NOMOR: LP/ B/ 10/ IV/ 2018/ JATENG/ RESTABES SMG/ SEK GJH M DI POLSEK GAJAHMUNGKUR SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-BAB I_a.pdf

Download (307kB)
[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-BAB III_a.pdf

Download (310kB)
[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-BAB IV_a.pdf

Download (123kB)
[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-DAPUS_a.pdf

Download (179kB)
[img] Text
14.C1.0022-TIO JUAN CARLOS TRIONO-LAMP_a.pdf

Download (564kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pelaksanaan Mediasi dalam Tindak Pidana Penganiayaan yang Dilakukan oleh Anak sebagai Penerapan Restorative Justice (Studi Kasus NOMOR: LP/ B/ 10/ IV/ 2018/ JATENG/ RESTABES SMG/ SEK GJH M di Polsek Gajahmungkur Semarang)” ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pertimbangan dilaksanakannya mediasi pada tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak; (2) mengetahui peran penyidik dalam melakukan mediasi sebagai penerapan prinsip Restorative Justice dalam tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak; (3) mengetahui hambatan yang ditemui penyidik dalam melakukan mediasi sebagai penerapan prinsip Restorative Justice dalam tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analisis. Data dikumpulkan dengan melakukan studi pustaka dan wawancara secara mendalam. Analisi data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa pertimbangan dilaksanakannya diversi dalam bentuk mediasi pada tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak didasarkan pada mandat dan isi pasal 32 ayat (2) Undang-undang No. 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Dalam kasus yang diangkat, jenis tindak pidana yang dilakukan adalah tindak pidana penganiayaan dimana ancaman pidananya di bawah tujuh tahun. Peran Penyidik melakukan mediasi dalam tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh Anak yaitu menerima laporan, sebagai mediator dan memfasilitasi ruang dilaksanakannya mediasi, dan melakukan pemanggilan saksi-saksi. Penyidik juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan BAPAS dari awal proses mediasi hingga selesai dan BAPAS mendampingi anak selama jalannya proses mediasi. Hambatan yang ditemui Penyidik dalam melakukan mediasi dapat dibagi menjadi dua yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal yang ditemui oleh penyidik adalah terbatasnya jumlah personil dan ruang yang digunakan untuk proses mediasi kasus anak sama dengan ruang mediasi pada umumnya. Untuk hambatan eksternal, perbedaan sudut pandang di antara para pihak, dimana pihak korban sulit menerima dan memaafkan pelaku, serta kurangnya peran serta masyarakat dalam penyelesaian masalah tindak pidana. Saran Penulis adalah agar pihak pemerintah secara proaktif memberikan sosialisasi dan literasi terhadap masyarakat mengenai penerapan diversi dan keadilan restoratif untuk kasus yang melibatkan anak. Pihak kepolisian juga harus lebih aktif mengadakan pelatihan mengenai sistem peradilan anak sesuai amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2012. Hal ini dilakukan agar tercipta persamaan pemahaman tentang Restorative Justice. Polisi harus menambah ruang khusus untuk pemeriksaan kasus anak dan melatih lebih banyak Penyidik supaya dapat berperan sebagai Penyidik anak dikarenakan keterbatasan jumlah personil Penyidik Anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:51
Last Modified: 12 Nov 2021 03:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27326

Actions (login required)

View Item View Item