WINE PAIRING TERHADAP DELAPAN MAKANAN NUSANTARA INDONESIA (RENDANG, SOTO BETAWI, GUDEG, RAWON, BAKSO, SATE AYAM, PEMPEK, AYAM BETUTU)

WIREDJO, FELIX YUWONO (2021) WINE PAIRING TERHADAP DELAPAN MAKANAN NUSANTARA INDONESIA (RENDANG, SOTO BETAWI, GUDEG, RAWON, BAKSO, SATE AYAM, PEMPEK, AYAM BETUTU). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-COVER_a.pdf

Download (423kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-BAB I_a.pdf

Download (299kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-BAB III_a.pdf

Download (390kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-BAB IV_a.pdf

Download (209kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-BAB V_a.pdf

Download (119kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-DAPUS_a.pdf

Download (265kB)
[img] Text
17.I1.0041-FELIX YUWONO WIREDJO-LAMP_a.pdf

Download (205kB)

Abstract

Wine identik dipasangkan dengan makanan western. Bahan utama makanan western yaitu daging merah dan daging putih. Wine berpotensi dipasangkan dengan makanan nusantara Indonesia karena makanan nusantara juga menggunakan bahan utama yang sama dengan makanan western yaitu daging merah dan daging putih. Wine pairing dengan makanan memiliki 3 perspektif yaitu refreshment, netral, dan sinergis. Penelitian Wine pairing difokuskan terhadap delapan makanan nusantara Indonesia. Makanan nusantara Indonesia yang paling disukai dan diminati yaitu rendang, soto Betawi, gudeg, sate ayam, rawon, pempek, bakso, dan ayam betutu. Wine yang digunakan untuk pairing adalah red wine dan white wine. Red wine dipasangkan dengan daging merah, sedangkan white wine dipasangkan dengan daging putih. Komponen makanan sangat berperan penting dalam menciptakan sensori dengan wine. Daging merah cocok dipasangkan dengan red wine, karena daging memiliki protein dan protein diikat oleh senyawa tanin dari wine. Atribut sensori yang dihasilkan antara red wine dengan daging merah yaitu menyeimbangkan rasa asam dari wine dan flavor lebih kuat. Sedangkan, daging putih dan makanan berempah cocok dipasang dengan white wine. Atribut sensori yang dihasilkan antara white wine dengan daging putih yaitu meningkatkan rasa manis dari wine, keasaman wine memberikan sensasi refreshing dalam mulut dan flavor rempah-rempah meningkat. Tujuan dari penelitian review ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecocokan wine terhadap delapan makanan nusantara Indonesia dan mengetahui atribut sensori yang dihasilkan dari wine pairing dengan makanan nusantara Indonesia. Metode yang dilakukan dalam penelitian review yaitu analisa kesenjangan, perumusan kata kunci, pengumpulan literatur, penyaringan literatur, analisis & tabulasi data. Hasil review ini adalah Red wine cocok dipasangkan dengan makanan rendang, soto Betawi, rawon, dan bakso sedangkan white wine cocok dipasangkan dengan sate ayam, ayam betutu, gudeg, dan pempek. Faktor yang mempengaruhi wine pairing yaitu komponen makanan, komponen tambahan dalam makanan dan preference panelis dalam memasangkan wine.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology - Project Report
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Oct 2021 05:51
Last Modified: 11 Oct 2021 05:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item