PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MIE BASAH, MIE KERING, DAN MIE INSTAN BERBAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DAN NON-TERIGU

GRATIA, KRESENSIA AMANDA (2021) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MIE BASAH, MIE KERING, DAN MIE INSTAN BERBAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DAN NON-TERIGU. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--COVER_a.pdf

Download (611kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--BAB I_a.pdf

Download (248kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--BAB III_a.pdf

Download (457kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--BAB IV_a.pdf

Download (313kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--BAB V_a.pdf

Download (142kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--DAPUS_a.pdf

Download (218kB)
[img] Text
17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mie merupakan produk olahan yang pada umumnya, bahan dasar pembuatan mie adalah tepung terigu. Penggunaan tepung non-terigu mulai digunakan oleh beberapa produsen mie dan semakin banyak penelitian tentang produk mie berbahan dasar non-terigu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk mie berbahan dasar tepung terigu, mengetahui bagaimana sikap dan ketertarikan konsumen terhadap produk inovasi mie, dan mengetahui preferensi konsumen terhadap inovasi produk mie berbahan dasar non-terigu. Penelitian dilakukan dengan mencari literatur tentang pembuatan mie berbahan dasar non-terigu yang akan dijadikan acuan dalam memberikan penggambaran untuk survei preferensi konsumen terhadap produk mie non-terigu. Sebanyak 125 responden berusia 17 sampai 25 tahun terlibat di dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui data yang valid dan reliabel. Sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen diuji dengan Analisis Faktor dengan Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) Measure of Adequacy dan Bartlett’s Test of Sphericity untuk menghasilkan data yang layak dilakukan analisis faktor dan dihasilkan faktor-faktor yang memengaruhi preferensi konsumen terhadap produk mie. Hasil analisis menunjukkan bahwa mie basah terigu membentuk 3 komponen baru yang menjelaskan beberapa faktor, yaitu eksternal, internal, serta harga dan rasa. Mie kering terigu juga membentuk 3 komponen baru, yaitu eksternal dan internal, sifat organoleptik, serta harga. Sedangkan mie instan terigu membentuk 2 komponen baru, yaitu kualitas produk serta internal dan eksternal. Dapat disimpulkan bahwa mie basah terigu paling dipengaruhi faktor eksternal, mie kering terigu paling dipengaruhi oleh faktor eksternal-internal, dan mie instan terigu paling dipengaruhi oleh faktor kualitas produk. Untuk inovasi mie berbahan dasar non-terigu, jenis mie kering menjadi jenis produk mie yang paling menarik perhatian responden dengan hasil variabelnya yang memiliki korelasi tinggi terhadap faktor yang terbentuk dan terdapat 2 komponen baru yang terbentuk yaitu pengembangan produk dan ketertarikan pada sifat organoleptik. Sedangkan mie basah dan mie instan hanya membentuk 1 komonen baru, yaiu pada mie basah komponen tersebut adalah ketertarikan produk inovasi, dan untuk mie instan adalah komponen varian produk baru. Sifat fisik pada mie basah dan mie instan non-terigu tidak menarik perhatian responden. Sehingga, komponen-komponen baru tersebut dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk mie, baik berbahan dasar terigu maupun inovasi mie berbahan dasar non-terigu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:01
Last Modified: 11 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27036

Actions (login required)

View Item View Item