PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG SUKUN DAN PROSES PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN SENSORI PADA BROWNIES PANGGANG THE EFFECT OF ADDITION OF BREADFRUIT FLOUR AND BAKING PROCESS ON PHYSICAL AND SENSORY CHARACTERISTICS OF BAKED BROWNIES

Anggraeni, Eightiani Devi (2021) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG SUKUN DAN PROSES PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN SENSORI PADA BROWNIES PANGGANG THE EFFECT OF ADDITION OF BREADFRUIT FLOUR AND BAKING PROCESS ON PHYSICAL AND SENSORY CHARACTERISTICS OF BAKED BROWNIES. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-BAB I_a.pdf

Download (401kB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-BAB III_a.pdf

Download (631kB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-BAB IV_a.pdf

Download (169kB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-BAB V_a.pdf

Download (157kB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-DAPUS_a.pdf

Download (274kB)
[img] Text
15.I1.0062-Eightiani Devi Anggraeni-LAMP_a.pdf

Download (249kB)

Abstract

Pengembangan atau inovasi produk merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk memenuhi permintaan kebutuhan pangan oleh konsumen sesuai dengan perkembangan zaman. Mayoritas penduduk Indonesia memenuhi kebutuhannya dari karbohidrat dan melakukan aktivitas sarapan di pagi hari. Salah satu menu yang dipilih untuk sarapan adalah produk bakery, seperti brownies. Produk bakery mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga mampu menyumbangkan energi bagi yang mengkonsumsinya. Sukun merupakan salah satu buah yang mengandung banyak karbohidrat. Permasalahannya sukun merupakan bahan pangan lokal yang cepat mengalami kematangan bahkan pembusukan. Oleh karena itu, sukun dapat diawetkan dengan diproses menjadi tepung sehingga dapat dimanfaatkan untuk inovasi suatu produk. Proses- proses yang dilakukan diduga dapat mempengaruhi karakteristik fisik dn sensori pada brownies sukun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung sukun dan proses pemanggangan terhadap karakteristik fisik dan sensori brownies panggang yang disubstitusi dengan tepung sukun. Sifat fisik brownies sukun yang diamati yaitu kadar air, pengembangan dan tingkat kekerasan serta sifat organoleptik. Pengolahan data fisik menggunakan One Way Anova dan uji Post Hoc (Duncan). Pada uji kesukaan mengunakan uji Fredman dan uji Wilcoxon jika terdapat perbedaan nyata. Secara kimiawi penambahan tepung sukun berpengaruh terhadap peningkatan kadar air pada brownies. Secara fisik dan sensori penambahan tepung sukun tidak berpengaruh signifikan terhadap pengembangan, kekerasan dan sensori pada brownies sukun. Secara keseluruhan konsumen dapat menerima brownies dengan campuran tepung sukun pada setiap perlakukan suhu pemanggangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:07
Last Modified: 08 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27022

Actions (login required)

View Item View Item