EVALUASI KEPATUHAN DAN RISIKO KEGIATAN OPERASIONAL DI BISNIS MAKANAN CEPAT SAJI BERDASARKAN COSO INTERNAL CONTROL FRAMEWORK. (STUDI KASUS PADA OTI FRIED CHICKEN SEMARANG)

RADITYA, BENEDICTUS HERDIAN SEPTA (2021) EVALUASI KEPATUHAN DAN RISIKO KEGIATAN OPERASIONAL DI BISNIS MAKANAN CEPAT SAJI BERDASARKAN COSO INTERNAL CONTROL FRAMEWORK. (STUDI KASUS PADA OTI FRIED CHICKEN SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-BAB I_a.pdf

Download (553kB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-BAB III_a.pdf

Download (537kB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-BAB IV_a.pdf

Download (492kB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-BAB V_a.pdf

Download (317kB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-DAPUS_a.pdf

Download (529kB)
[img] Text
16.G1.0215-BENEDICTUS HERDIAN SEPTA RADITYA-LAMP_a.pdf

Download (527kB)

Abstract

Semakin besar suatu perusahaan maka akan besar juga risiko kegagalan terhadap perusahaan tersebut. Kebutuhan terhadap adanya pengendalian internal untuk mencegah risiko tersebut menjadi semakin tinggi. Sebagai sebuah bisnis yang sedang berkembang, Oti Fried Chicken harus memastikan bahwa semua kegiatan operasionalnya telah sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku. Hal ini diperlukan agar Oti Fried Chicken mampu bersaing di tengah banyaknya dunia bisnis bidang kuliner yang saat ini sedang banyak diminati. Penelitian ini bertujuan untuk menilai risiko risiko dalam operasional Oti Fried Chicken Semarang dan menilai kepatuhan manajemen terhadap COSO Internal Control Framework. Selanjutnya penelitian ini juga mengevaluasi aktivitas pengendalian apa saja yang sudah diterapkan oleh manajemen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan studi literatur melalui analisis teori dari berbagai sumber dan analisis data sekunder dari tempat penelitian, dan studi lapangan dengan melakukan observasi dan wawancara di lingkungan rumah makan. Wawancara dilakukan kepada beberapa pihak manajemen Oti Fried Chicken yang relevan dengan penelitian ini. Wawancara tersebut terbatas pada permasalahan penilaian risiko operasional dan kepatuhan terhadap COSO Internal Control Framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa risiko yang harus diperhatikan oleh manajemen Oti Fried Chicken yaitu tentang keluhan konsumen serta omset yang tidak optimal akibat stok habis dan penggunaan bahan baku yang tidak efisien sebagai beberapa risiko tinggi berdasarkan frekuensi terjadinya dan dampak yang ditimbulkan. Kemudian, secara umum, kepatuhan manajemen terhadap COSO Internal Control Framework sudah dijalankan dengan cukup baik, namun perlu ada peningkatan lagi. Permasalahan yang paling utama adalah proses pengendalian internal masih dipegang oleh General Manager Oti Fried Chicken. Saran untuk kedepannya Oti Fried Chicken agar dapat memiliki staff khusus untuk menangani pengendalian internal agar nantinya kegiatan operasional juga dapat lebih efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:22
Last Modified: 05 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26956

Actions (login required)

View Item View Item