PENGEMBANGAN STRATEGI ALTERNATIF USAHA DISTRIBUTOR BAWANG MERAH BAPAK SIMON DJOKO MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Natalia, Mahdalena Endy (2021) PENGEMBANGAN STRATEGI ALTERNATIF USAHA DISTRIBUTOR BAWANG MERAH BAPAK SIMON DJOKO MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-COVER_a.pdf

Download (451kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-BAB I_a.pdf

Download (336kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-BAB III_a.pdf

Download (252kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-BAB IV_a.pdf

Download (327kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-BAB V_a.pdf

Download (117kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-DAPUS_a.pdf

Download (180kB)
[img] Text
15.D1.0149-Mahdalena Endy Natalia-LAMP_a.pdf

Download (558kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh bisnis distribusi bawang merah Bapak Simon Djoko adalah stagnasi bisnisnya yang telah berdiri selama 30 tahun sedangkan persaingan bisnis yang terjadi justru semakin tinggi. Hal ini membuat bisnis Bapak Simon Djoko menjadi semakin terancam oleh pesaingnya sehingga membuat perlu dirumuskan alternatif strategi bisnis bagi bisnis distribusi bawang merah Bapak Simon Djoko sehingga Bapak Simon Djoko mampu untuk tetap bertahan dalam persaingan yang ketat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menemukan strategi alternatif dalam pengembangan usaha distributor bawang merah bapak Simon Djoko menggunakan analisis SWOT. Perumusan alternatif strategi untuk mengembangkan bisnis distribusi bawang merah Bapak Simon Djoko dilakukan dengan menggunakan metode analisis Matriks SWOT. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik usaha distribusi bawang merah, karyawan dan 5 pelanggan tetap. Berdasarkan matriks Internal Eksternal, didapatkan hasil bahwa dengan nilai IFAS 3,61 dan EFAS 2,42 didapatkan perpotongan kedua nilai tersebut berada pada kuadran IV yaitu dengan menggunakan strategi tumbuh dan membangun dan pemilihan penggunaan strategi intensif. Berdasarkan matriks SWOT akan menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT sebagai alternative strategi dengan alternatif strategi yaitu kontrak jangka panjang langsung dengan pabrik yang membutuhkan bahan baku bawang merah, penjualan bawang merah premium dengan grade A dan penjualan bawang merah dalam bentuk retail packaging, melakukan promosi penjualan melalui media sosial dan penambahan modal usaha melalui kredit modal kerja, Pemilihan supplier tengkulak yang dapat memberikan supply secara konsisten dan Kerja sama langsung dengan petani, Kerja sama dengan Dinas Pertanian untuk pelatihan bagi karyawan dan distribusi bawang merah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:14
Last Modified: 24 Sep 2021 05:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26652

Actions (login required)

View Item View Item