STUDI PENGARUH VARIASI KADAR AIR TERHADAP IMMEDIATE SETTLEMENT FONDASI DANGKAL DENGAN MODEL FONDASI TELAPAK PERSEGI (STUDI KASUS DESA KALIKAYEN, KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG)

Wibisono, Ramon Yanuar and Putro, Kevin Anggoro (2021) STUDI PENGARUH VARIASI KADAR AIR TERHADAP IMMEDIATE SETTLEMENT FONDASI DANGKAL DENGAN MODEL FONDASI TELAPAK PERSEGI (STUDI KASUS DESA KALIKAYEN, KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-BAB I_a.pdf

Download (688kB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-BAB III_a.pdf

Download (932kB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-BAB V_a.pdf

Download (499kB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-DAPUS_a.pdf

Download (622kB)
[img] Text
16.B1.0030-RAMON YANUAR WIBISONO-LAMP_a.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desa Kalikayen merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Desa kalikayen memiliki penduduk dengan jumlah 1306 kepala keluarga. Desa kalikayen terdapat kurang lebih 300 rumah tinggal sederhana, atau sekitar 23 persen rumah yang mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh karakteristik tanah di desa tersebut. Kegagalan dan kerusakan pada suatu konstruksi dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Sumber kegagalan dalam konstruksi seringkali dipengaruhi oleh faktor alam dan perilaku manusia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menguji karakteristik tanah yang terdapat di Desa Kalikayen, dan mengukur penurunan fondasi dangkal pelat setempat akibat memiliki kadar air tanah berbeda. Pengujian yang dilakukan berupa uji analisis saringan dan hidrometer, uji indeks properties, uji atterberg limit, uji analisis sandcone, uji proctor standard, uji direct shear, dan uji dynamic cone penetrometer. Pengujian analisis prosentase butiran tanah dengan uji saringan dan hidrometer pada tanah di Desa Kalikayen digolongkan tanah yang bergradasi buruk dengan didominasi dengan jenis tanah berlanau (silt). Pengujian Atterberg Limit, berdasarkan USCS, hasil pengujian klasifikasi dan karakteristik tanah di Desa Kalikayen digolongkan dalam klasifikasi MH yaitu lanau tak organik dengan potensi plastisitas pengembangannya yang rendah. Pengujian kuat geser tanah di Desa Kalikayen memiliki tekstur lembut dan karakteristiknya dapat dibentuk oleh tekanan jari yang ringan dan tergolong dalam tanah lempung padat. Pengujian DCP mendapatkan hasil jenis tanah dengan tingkat kepadatan yang buruk (poor). Penurunan terjadi tiap penambahan kadar air, dalam penurunan tanahnya tidak terjadi pengembangan tanah dan penurunan yang terjadi dalam skala model termasuk penurunan yang sangat besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Civil Engineering > Foundation
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:07
Last Modified: 23 Sep 2021 04:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26581

Actions (login required)

View Item View Item