KAJIAN SISTEM KONSTRUKSI MATERIAL ‘CLADDING EMMEDUE PANEL’ SEBAGAI FASADE KULIT BANGUNAN TERHADAP ASPEK TENIS ARSITEKTURAL. Studi Kasus Gedung Kampus II Unika Soegijapranata Di BSB Semarang

Ir. FX Bambang Suskiyatno, MT, Bambang (2021) KAJIAN SISTEM KONSTRUKSI MATERIAL ‘CLADDING EMMEDUE PANEL’ SEBAGAI FASADE KULIT BANGUNAN TERHADAP ASPEK TENIS ARSITEKTURAL. Studi Kasus Gedung Kampus II Unika Soegijapranata Di BSB Semarang. Working Paper. Unika Soegijapranata, repository.unika.ac.id. (Unpublished)

[img] Text
lapPENELemmeduegnp2021.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://sintak.unika.ac.id/diana/?p=penelitian

Abstract

Kulit bangunan gedung tidak terlepas dari dinding terluar atau dikenal sebagai selimut bangunan. Terdapat beberapa tipe dinding luar bangunan. Antara lain, dinding pengisi (infill-walls) yang berpijak pada struktur bangunan secara langsung. Dinding ‘cladding’ yang dijabarkan sebagai versi yang berpijak pada dinding utamanya dan dinding tirai (curtain-walls) yang disangga oleh rangka dari material tertentu yang dikaitkan pada struktur bangunan. Penelitian Kajian Sistem Konstruksi Material ‘Cladding Emmedue Panel’ Sebagai Kulit Bangunan Terhadap Aspek Teknis Arsitektural bertujuan mancari tahu tentang kualitas konstruksi secara teknis arsitektural terhadap bahan bangunan relative baru di Indonesia, ‘Emmedue panel’ terpasang sebagai dinding tirai pada bangunan gedung Kampus II Unika Soegijapranata. Penelitian diarahkan pada penilaian kebenaran penerapan konstruksi dinding tirai terhadap antisipasi air hujan dan rigiditas berdasarkan kaidah kaidah teori konstruksi arsitektural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dengan memaparkan sistem konstruksi cladding wall – curtain wall antara petunjuk teknis dan penerapan sistem konstruksi dari ‘Emmedue panel’ (Emmedue panel building system). Analisis data dilakukan dengan mengkomparasikan data yang diperoleh dengan data teori sistem konstruksi teknis arsitektural. Luaran hasil penelitian yang ditargetkan adalah jurnal ilmiah ber ISSN.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Building & construction > Building Material
Divisions: Faculty of Architecture and Design
Depositing User: Mr Bambang Suskiyanto
Date Deposited: 04 Aug 2021 08:57
Last Modified: 04 Aug 2021 08:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26322

Actions (login required)

View Item View Item