Pendampingan Optimalisasi Tanggung Jawab pada Ibu-ibu Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) Kel. Sukorejo, Kec. Gunungpati, Semarang

Priyanto, Pius Heru and SUHARSONO, SUHARSONO (2021) Pendampingan Optimalisasi Tanggung Jawab pada Ibu-ibu Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) Kel. Sukorejo, Kec. Gunungpati, Semarang. Project Report. Psikologi. (Unpublished)

[img] Text
PENGABDIAN MASY - TANGGUNG JAWAB FKK - KOMPLET.pdf

Download (783kB)
[img] Text
LAPORAN PENGABDIAN TANGGUNG JAWAB FKK SUKOREJO - OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

RINGKASAN Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk Memberikan bantuan berupa pendampingan untuk mengoptimalkan tanggung jawab pada ibu-ibu Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) Sukorejo, Kec. Gunungpati, kota Semarang. Adapun tujuan dari FKK adalah mendorong upaya promotif-preventif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan. Pengurus FKK di kelurahan Sukorejo semuanya adalah ibu-ibu rumah tangga di kelurahan Sukorejo. Sebagai ibu rumah tangga mereka mempunyai tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga juga sebagai pengurus FKK, dimana mempunyai peran yang harus dilakukan secara seimbang. Mereka terpanggil untuk aktif di kelurahan Sukorejo mengurusi tentang berbagai tugas seperti rapat-rapat rutin, pantau jentik di tiap RW, mengurusi ibu hamil, lansia, dan berbagai penyakit seperti DB, TBC, kekurangan gizi pada balita, kebersihan lingkungan, pola hidup bersih dan sehat, juga pembuatan SPJ, laporan pertanggungjawaban baik di tingkat kelurahan dan kecamatan. Kesibukan setiap hari, baik sebagai ibu rumah tangga dan pengurus yang yang aktif di FKK menyebabkan tanggung jawab yang harus diemban sering menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan tersebut disebabkan karena keaktifan sebagai pengurus FKK semata-mata hanya sebagai relawan yang membantu pihak kelurahan dalam menegakkan system kesehatan di masyarakat. Tanggung jawab yang harus dipikul mempunyai beban yang tinggi baik tanggung jawab di dalam keluarga sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai aktivis di FKK. Beban tersebut dipikul setiap hari dalam menjalankan tugas pokok fungsinya, sehingga sering kali mengalami degradasi atau penurunan kualitas perilaku tanggung jawab. Pendampingan ini dimaksudkan membantu memberikan pencerahan pada ibu-ibu FKK di Sukorejo dalam hal menegakkan kembali akan peran dan fungsinya akan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dan pengurus FKK, sehingga terjadi keseimbangan dalam menjalankan fungsi tanggung jawab antara tanggung jawab di rumah tangga dan pengurus FKK Sukorejo. Kata kunci : optimalisasi, tanggung jawab, ibu-ibu FKK.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Interpersonal Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Mr Pius Heru Priyanto
Date Deposited: 04 Aug 2021 08:58
Last Modified: 04 Aug 2021 08:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item View Item