PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENGENALAN PRODUK, PERLUASAN PASAR DAN PERBAIKAN ADMINISTRASI KEUANGAN PADA USAHA CATERING SNACKQ DI KELURAHAN BERINGIN KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

UNSPECIFIED PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENGENALAN PRODUK, PERLUASAN PASAR DAN PERBAIKAN ADMINISTRASI KEUANGAN PADA USAHA CATERING SNACKQ DI KELURAHAN BERINGIN KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Project Report. -. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Akhir PM Snack Q=.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan usaha di sektor Usaha Kecil dan Mikro (UKM) merupakan tugas bersama yang dilakukan pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi. Antara lain dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan usaha. Salah satunya adalah terhadap usaha catering Snack Q di kelurahan Beringin, kecamatan Ngaliyan, kota Semarang. Yaitu dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan terkait dengan pengembangan usaha catering Snack Q. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan terutama untuk memperluas pasar, meningkatkan penjualan serta administrasi keuangan usaha catering Snack Q. Penyuluhan dan pelatihan usaha catering Snack Q adalah mengenai pengenalan produk, perluasan pasar dan perbaikan administrasi keuangan pengenalan aneka makanan usaha catering. telah dilakukan oleh tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. Hasil yang diproleh dari kegiatan pengenalan produk antara lain dikenalkan produk ricebowl. Ada dua varian ricebowl, yaitu ricebowl dengan nasi putih dan ricebowl dengan nasi kuning. Adapun untuk kegiatan perluasan pasar, dilakukan dengan pembuatan brosur dan katalog serta pembentukan jaringan pasar. Hasil yang telah dilakukan tim pengabdian FEB, diharapkan bisa berdampak pada perluasan usaha Catering Snack Q dengan didukung ada produk baru ricebowl. Sedang kegiatan perbaikan admisnistrasi keuangan berupa Pengenalan rekening (account) dalam usaha catering, memberikan contoh tekhnik pembukuan sederhana. Untuk rancangan pengabdian pada periode berikutnya, tim pengabdian FEB menetapkan beberapa kegiatan : mengevaluasi upaya pembentukkan jaringan pasar yang telah dilakukan, kemudian mengevaluasi dan melakukan pengembangan pasar baru; melakukan upaya pemasaran produk makanan catering New Snack Q secara on line ; menghubungkan pelaku usaha dengan supplier bahan baku yang harganya lebih murah dan berkualitas ; memberi pelatihan dalam menentukkan harga pokok produk makanan secara efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 28 Jul 2021 14:04
Last Modified: 28 Jul 2021 14:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26142

Actions (login required)

View Item View Item