PENGEMBANGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN BERBASIS PERSEPSI STAKEHOLDER PADA JASA PENDIDIKAN ( STUDI PADA SMK SANJAYA NGAWEN GUNUNGKIDUL)

Arriati, Betti (2021) PENGEMBANGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN BERBASIS PERSEPSI STAKEHOLDER PADA JASA PENDIDIKAN ( STUDI PADA SMK SANJAYA NGAWEN GUNUNGKIDUL). Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-BAB I_a.pdf

Download (533kB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-BAB III_a.pdf

Download (890kB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-BAB IV_a.pdf

Download (998kB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-BAB V_a.pdf

Download (423kB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-DAPUS_a.pdf

Download (534kB)
[img] Text
17.D3.0012-Betti Arriati-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bidang pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan bangsa dan di seluruh sektor kehidupan. Untuk mempersiapkan siswa memperoleh masa depan yang lebih pasti dan gemilang dan memenuhi tuntutan masyarakat, dunia kerja dan persaingan antar sekolah maka perlu adanya pengelolaan dalam pemasaran jasa pendidikan dan strategi pemasaran yang baik. Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran dan menjaga kualitas pelayanan SMK Sanjaya Ngawen perlu berbenah agar dapat memenuhi tuntutan tersebut dan semakin banyak orang mendapatkan manfaat dari jasa pendidikan ini. Maka dilakukan pengukuran sejauh mana kinerja dan kualitas pelayanannya dengan metode Importance Performance Analisys (IPA). Kualitas pelayanan dikatakan baik dan sesuai, jika lembaga tersebut dapat membuat stakeholder merasa puas dengan kinerjanya. Parameter yang dipakai untuk mengukur kepuasan stakeholder menggunakan 7 P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Proof. Berdasarkan metode IPA, item yang berada di kuadran I perlu diperbaiki dan item yang berada di kuadran II perlu dipertahankan dan ditingkatkan sehingga menjadi keunggulan dari SMK Sanjaya Ngawen. Item yang perlu diperbaiki yaitu pada dimensi Produk yaitu kondisi perlengkapan di ruang kelas dengan cara menyediakan perlengkapan kelas yang lebih kondusif agar pembelajaran lebih efektif dan efesien. Dimensi Distribusi yang perlu diperbaiki yaitu kondisi lingkungan dalam sekolah dengan pemasangan paving block, penanaman pohon perindang, serta kerapian dan kebersihan lingkungan sekolah. Dimensi manusia yang perlu diperbaiki yaitu tenaga keamanan, yaitu dengan cara mengangkat pegawai yang bertugas menjaga keamanan baik di siang hari maupun malam hari. Hal tersebut perlu diperbaiki agar stakeholder merasa nyaman dan tenang ketika berada di SMK Sanjaya Ngawen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:22
Last Modified: 14 Jun 2021 07:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item View Item