MOTIVASI BERWIRAUSAHA PEMILIK SEMBAKO TOKO ANYAR DI SEMARANG

Muljono, Njoo, Meiky (2020) MOTIVASI BERWIRAUSAHA PEMILIK SEMBAKO TOKO ANYAR DI SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text (BAB I)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB II)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB III)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - BAB IV.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB V)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.D1.0158 - Njoo, Meiky Muljono - LAMPIRAN.pdf

Download (417kB)

Abstract

Salah satu wirausaha yang memulai usahanya di bidang toko sembako adalah Bapak Hari. Toko ini merupakan toko kelontong yang menjual berbagai kebutuhan seperti minyak, sembako, beras, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Alasan pemilihan obyek penelitian adalah karena pendiri Toko ini yaitu Bapak Hari bukanlah orang yang telah lama berdagang namun saat ini masih bertatus sebagai karyawan bank sehingga menarik untuk diteliti motivasi pemilik untuk memutuskan berwirausaha dari seorang karyawan bank. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi berwirausaha pemilik Toko berdasarkan pendekatan teori McClelland. Teknik analisis yang digunakan adalah metode kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 1 orang pemilik, 2 orang karyawan Toko yaitu bagian gudang dan bagian administrasi dan 3 orang pelanggan yang telah membeli di Toko Sembako Anyar selama satu tahun terakhir. Hasil penelitian ini adalah tanggapan pemilik mengenai indikator need for achievement yang tinggi. Pemilik Toko merasa termotivasi untuk meningkatkan omset penjualan dan profit dengan cara menambah persediaan Toko dan memperluas Toko. Tanggapan atas dimensi need for power, pemilik Toko memiliki kebutuhan untuk memiliki kekuasaan mutlak pengaturan kegiatan Toko. Tanggapan atas dimensi need for affiliation, pemilik Toko memiliki kebutuhan untuk berafilisiasi dengan karyawan, pelanggan dan supplier Toko. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengusaha pemilik Toko memiliki motivasi untuk berwirausaha yang kuat/tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job motivation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 May 2021 02:38
Last Modified: 26 May 2021 02:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25232

Actions (login required)

View Item View Item