PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HAK ANAK DARI PERUNDUNGAN/BULLYING DI SEKOLAH RAMAH ANAK (STUDI KASUS SD PL SANTO YUSUP SEMARANG)

GUNAWAN, VALLENIA (2020) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HAK ANAK DARI PERUNDUNGAN/BULLYING DI SEKOLAH RAMAH ANAK (STUDI KASUS SD PL SANTO YUSUP SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text (BAB I)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text (BAB II)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.C1.0016 VALLENIA GUNAWAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perundungan/Bullying merupakan salah satu tindak kekerasan terhadap anak yang masih sering terjadi di lingkungan satuan pendidikan. Untuk mengurangi tindak kekerasan tersebut maka pemerintah mencanangkan sekolah ramah anak dengan tujuan untuk dapat memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Penelitian ini mengambil perumusan masalah mengenai pelaksanaan perlindungan anak dari perundungan/bullying di sekolah ramah anak serta faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan perlindungan anak dari perundungan/bullying. Metode penelitian dalam penelitian ini bersifat kualitatif yakni metode yang menekankan proses pemahaman peneliti atas perumusan masalah untuk mengkonstruksikan sebuah gejala hukum yang kompleks dan holistik (atau tentang pelaksanaan perlindungan anak dari perundungan/bullying) Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan perlindungan anak di sekolah ramah anak telah terpenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, dimana tujuan adanya perlindungan hak anak dari perundungan/bullying adalah melindungi anak dari tindak kekerasan, mencegah anak melakukan tindak kekerasan serta mengatur mekanisme pencegahan, penanggulangan, dan sanksi terhadap tindak kekerasan. Faktor yang menjadi kendala pelaksanaan perlindungan hak anak dari perundungan/bullying adalah: kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang arti perundungan/bullying, kurangnya pelatihan dari dinas pendidikan untuk pendidik dan tenaga pendidik, latar belakang keluarga dan kesalahan penyampaian informasi dari anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 May 2021 02:33
Last Modified: 26 May 2021 02:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25206

Actions (login required)

View Item View Item