IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HAK PENDIDIKAN DAN ANTI DISKRIMINASI PADA ANAK PENDERITA HIV/AIDS DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Asmaruddin, Misyati (2020) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HAK PENDIDIKAN DAN ANTI DISKRIMINASI PADA ANAK PENDERITA HIV/AIDS DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Masters thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
20.C2.0017_COVER.pdf

Download (435kB)
[img] Text (BAB 1)
20.C2.0017_BAB 1.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB 2)
20.C2.0017_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB 3)
20.C2.0017_BAB 3.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 4)
20.C2.0017_BAB 4.pdf

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20.C2.0017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20.C2.0017_LAMPIRAN.pdf

Download (862kB)

Abstract

HIV/AIDS merupakan isu kesehatan global yang menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Pengobatan maupun vaksin yang diperlukan dalam memberantas virus HIV belum ditemukan, para ilmuwan telah berhasil mencegah virus HIV dengan mengkonsumsi Antiretroviral(ARV) untuk mengurangi jumlah virus HIV didalam tubuh dan tidak semakin menyebar, akan tetapi obat tersebut belum mampu menyembuhkan penderita HIV/AIDS. Anak yang terinfeksi virus HIVdari ibu hamil yang positif akan mengalami stigma dan diskriminasi sepanjang hidupnya, anak akan dihadapkan dengan berbagai masalah di antaranya hilangnya Hak Asasi Manusia, hak mendapatkan pendidikan yang layak.Pandangan umum bahwa HIV mudah menular lewat kontak biasa, menjadikan masyarakat selalu menjaga jarak terhadap ODHA, mereka tidak mau berdekatan karena takut akan tertular, penelitian dengan judul implementasi perlindungan hak pendidikan dan antidiskriminasi pada anak penderita HIV/AIDS bertujuan untuk mengetahui pengaturan dan pelaksanaan perlindungan hak pendidikan dan antidiskriminasi pada anak penderita HIV/AIDS serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis sosiologis yaitu studi yang membahas aspek yuridis berupa perundangan-undangan dan sosiologis berupa implementasi peraturan yang ada. Sedangkan spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis yang menggambarkan peraturan secara rinci kemudian menganalisis pelaksanaan dilapangan. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan data skunder melalui studi kepustakaan, observasi dan wawancara terbuka terhadap 8 orang narasumber dan 7 responden penderita HIV/AIDS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah daerah telah menerbitkan peraturan perlindungan terhadap anak dan penanggulangan HIV/AIDS, dari hasil wawancara dengan keluarga penderita, kekhawatiran akan stigma dan diskriminasi dari pihak sekolah maupun masyarakat mengakibatkan setiap anak dengan HIV/AIDS yang sekolah belum membuka statusnya. Pemerintah maupun pihak sekolah belum dapat memberikan perlindungan maupun jaminan khusus terhadap anak yang terinfeksi virus HIV dikarenakan tidak mengetahui statusnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 19 May 2021 04:36
Last Modified: 19 May 2021 04:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25080

Actions (login required)

View Item View Item