GAME MINAT MEMBACA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Rudiyanto, Arif (2021) GAME MINAT MEMBACA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-BAB I_a.pdf

Download (480kB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-BAB III_a.pdf

Download (443kB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-BAB IV_a.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-BAB V_a.pdf

Download (330kB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-DAPUS_a.pdf

Download (286kB)
[img] Text
20.N1.0029-Arif Rudiyanto-LAMP_a.pdf

Download (369kB)

Abstract

Membaca di Sekolah Dasar merupakan landasan bagi tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Sebagai keinginan yang mendasari tingkat pendidikan selanjutnya, maka membaca perlu mendapat perhatian guru, sebab jika dasarnya tidak kuat pada tahap pendidikan berikutnya siswa akan mengalami kesulitan untuk dapat memperoleh dan memiliki pengetahuan.Unity 3D dipilih untuk proses pengembangan game tersebut karena, bisa dijalankan di Android level 15 keatas yang memungkinkan penggunaan kembali kedepannya, karena teknologi akan terus berkembang.Untuk meningkatkan minat membaca pada anak sekolah dasar dapat digunakan dengan pembuatan game membaca dan kuis, karena seiring perkembangan zaman dan semakin maju teknologi sekarang banyak anak sekolah dasar yang sudah mengenal smartphone dan kebanyakan anak menggunakan smartphone untuk bermain game. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan metode story-telling agar memotivasi anak suka membaca, mengetahui cara merancang game dengan metode story-telling, dan mengetahui cara membuat game yang unik untuk menarik minat baca anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan Game Reading menerapkan metode storytelling untuk memotivasi anak suka membaca dengan mengajak anak membaca cerita yang ada di dalam game dan menjawab kuis, setelah game selesai dibuat maka dilakukan pengujian dengan menyebar kuesioner ke 50 responden. viii Setelah menyebar kuesioner ke 50 responden didapati hasil dari minat untuk terus membaca disebutkan bahwa 48%(24)anak setuju berminat untuk terus membaca, 32%(16) anak netral, 14%(7)anak tidak setuju dan 6%(3) anak sangat setuju..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 May 2021 03:52
Last Modified: 18 May 2021 03:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

View Item View Item