PENGARUH PROSES PASCA PANEN DAN ROASTING PROFILE TERHADAP TINGKAT KEMANISAN BERDASARKAN SIFAT FISIKOKIMIA DAN UJI SENSORI PADA KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA)

BILFAUZ, ALHIQNA (2020) PENGARUH PROSES PASCA PANEN DAN ROASTING PROFILE TERHADAP TINGKAT KEMANISAN BERDASARKAN SIFAT FISIKOKIMIA DAN UJI SENSORI PADA KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - COVER.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB I)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB II)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB III)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - BAB III.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - BAB IV.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB V)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.I1.0182 - ALHIQNA BILFAUZ - LAMPIRAN.pdf

Download (815kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar didunia, salah satu jenis kopi yang tumbuh di Indonesia adalah kopi robusta (Coffea Canephora). Berbagai proses pasca panen dan roasting akan mempengaruhi hasil akhir biji kopi robusta terutama pada tingkat kemanisan. Maka perlu dilakukanya kombinasi antara proses pasca panen dan roasting untuk mencapai tingat kemanisan kopi robusta agar sesuai yang diinginkan. Bahkan masyarakat penikmat kopi, lebih memilih cita rasa manis pada kopi sebagai indikator penting pada pada kopi yang mereka minum. Banyak penelitian pada kopi yang belum mengangkat tema sweetnes. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi proses pasca panen dan roasting profile terhadap tingkat kemanisan kopi robsuta dari segi kimia, fisika, dan sensorinya, yang dimana diduga kopi dengan pasca panen kering dan metode roasting medium mmenghasilkna kopi yang lebih manis. Untuk mengkaji kombinasi antara pasacapanen dan roasting profile yang diduga memiliki hasil tingkat kemanisan yang berebeda, penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap dari persiapan sampel, uji sampel, maupun Analisa datanya. Perlakuan dilakukan dengan menggunakan dua jenis proses pasca panen kering (natural) dan basah (full wash) yang dikombinasikan dengan tiga roasting profile yaitu light, medium, dark, proses pasacapanen dan roasting dilakukan oleh kelompok petani Rahayu IV Dusun Sirap Ambarawa. Analisa fisika dilakukan dengan analisa warna dengan Chromameter. Analisa kimia dilakukan terhadap kadar air (theromogravimetri) dan kadar gula (refractometer), Analisa fisikokimia dilakukan di labrotarium Ilmu Pangan, jurusan tekonologi pangan Unika Soegijapranata. Selain itu juga dilakukan analisa citarasa dengan metode cupping yang sesuai dengan pedoman Speciallity Coffee Association of America (SCAA), yang meliputi sweetnes¸acidity¸ dan body. Uji sensori dilakukan di tiga coffeeshop yaitu, kemari Coffee Jogja, Coffeemason Semarang, dan Koptiga Semarang, oleh barista yang telah berpengalaman selama enam bulan, sejumah 17 orang. Teknik tabulasi yang digunakan adalah menjumlahkan dan merata-rata, lalu data dilakukan uji normalitas dan homogenitas, data yang telah memenuhi kaidah kolmogorov-smirnov dilanjutkan dengan uji statistika, sedangkan pada data yang tidak memenuhi kaidah tersebut tidak dilakukan uji statiska, hanya ditampilkan tabel dan dirata-rata tetapi tidak dibandingkan. Peneltian ini menggunakan dua variable pasca panen dan tiga variable roasting, dilakukan Analisa 1 arah untuk ketiga roasting nya baik pada pasca panen natural maupun full wash.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2021 01:47
Last Modified: 25 May 2021 01:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item View Item