HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN KEJUJURAN PADA ANAK

Siwi, Adininggar Tyas Kumaraning (2020) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN KEJUJURAN PADA ANAK. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.E1.0140_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
16.E1.0140_BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2)
16.E1.0140_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB 3)
16.E1.0140_BAB 3.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB 4)
16.E1.0140_BAB 4.pdf

Download (524kB)
[img] Text (BAB 5)
16.E1.0140_BAB 5.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 6)
16.E1.0140_BAB 6.pdf

Download (249kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.E1.0140_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.E1.0140_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh autoritatif dengan kejujuran pada anak. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan yang positif antara pola asuh autoritatif dengan kejujuran pada anak”. Skala kejujuran pada anak disusun berdasarkan indikator kejujuran, yaitu terbiasa untuk berkata jujur, dapat membedakan barang milik sendiri dan milik orang lain, dan tidak menyontek. Skala pola asuhautoritatif disusun berdasarkan aspek pola asuh autoritatif, yaitu kehangatan, kebebasan, kedisiplinan, dan adanya komunikasi yang terjalin baik antara orangtua dengan anak. Subjekpenelitian adalah siswa kelas lima dan enam Sekolah Dasar Negeri Wonolopo 03, Semarang dengan kriteria tinggal bersama orangtua. Dalam penelitian ini total subjek keseluruhan yaitu 54 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Para siswa diminta kesediaannya untuk mengisi angket secara online melalui google form. Hasil uji korelasi product moment memperoleh kesimpulan jika hipotesis yang diajukan diterima dengan rxy =0,506 (p<0,01). Hal ini menunjukkan jika ada hubungan positif antara pola asuh autoritatif dengan kejujuran pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 10 May 2021 04:34
Last Modified: 10 May 2021 04:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24896

Actions (login required)

View Item View Item