KOMODIFIKASI BUDAYA TIONGHOA DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

NUGROHO, OLGA DINAR (2020) KOMODIFIKASI BUDAYA TIONGHOA DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.M1.0008_OLGA DINA RNUGROHO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 4.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO BAB 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.M1.0008_OLGA DINAR NUGROHO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan sarana perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Budaya Tionghoa sering digunakan sebagai tema dan ide konten iklan. Penelitian ini adalah studi tentang iklan televisi yang menggunakan budaya Tionghoa. Iklan televisi yang dianalisis adalah iklan Bukalapak dan Matahari Departemen Store, penelitian ini membahas tentang komodifikasi budaya Tionghoa dalam iklan-iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif , dengan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan instrument analisis menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua iklan tersebut mengkomodifikasi budaya Tionghoa, nilai guna budaya Tionghoa sebagai warisan turun menurun ditranformasi menjadi tema iklan yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Budaya Tionghoa yang dikomodifikasi dalam iklan tersebut adalah model, pakaian, aksesoris (hiasan), seni musik, tradisi, warna

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr Dwi Purnomo
Date Deposited: 31 May 2021 06:25
Last Modified: 31 May 2021 06:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item