Game “Kata Wicara” Sebagai Media Terapi Bahasa Bagi Anak Penyandang Asperger Syndrome

Wiryawan, Zepherinus Maria Restu Adi (2020) Game “Kata Wicara” Sebagai Media Terapi Bahasa Bagi Anak Penyandang Asperger Syndrome. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.07.0043_COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text (BAB 1)
13.07.0043_BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB 2)
13.07.0043_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB 3)
13.07.0043_BAB 3.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 4)
13.07.0043_BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
13.07.0043_BAB 5.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0043_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.07.0043_LAMPIRAN.pdf

Download (340kB)

Abstract

Saat ini diperkirakan masih ada sekitar 30% anak-anak dalam spektrum autistik yang masih mengalami gangguan bicara walaupun mereka telah menerima perawatan dan pendidikan yang memadai, namun masih perlu untuk melakukan terapi pengembangan wicara, pengobatan fase pre verbal dan verbal. Dengan melihat era digital yang berkembang pesat, terapi wicara dapat dilakukan secara mobile, yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan permainan terapi bahasa untuk anak-anak dengan Asperger’s Syndrome, untuk membuat anak-anak Asperger’s Syndrome ingin bermain game berulang kali, dan untuk mendapatkan respon positif dari anak-anak dengan Sindrom Asperger untuk permainan terapi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif menurut Creswell (2008) adalah suatu pendekatan atau pencarian untuk mengeksplorasi dan memahami suatu fenomena sentral. Langkah utama adalah peneliti mewawancarai peserta dengan mengajukan pertanyaan umum dan agak luas dan metode pengembangan game menggunakan perangkat lunak Unity. Kata Wicara mencoba menerapkan terapi bahasa dengan permainan untuk anak-anak dengan Asperger’s Syndrome dengan mempertimbangkan hasil wawancara awal. Dengan melihat hasil wawancara, Kata Wicara dapat membuat anak-anak mau bermain game berulang kali karena grafis dan suara yang menarik. Dari 4 wawancara yang dilakukan, semuanya memberikan tanggapan positif. Walaupun ada yang kesulitan bermain tetapi anak-anak tetap menikmati permainan Kata Wicara karena mereka menyukai suara yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:56
Last Modified: 23 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24504

Actions (login required)

View Item View Item