EVALUASI KUALITAS AIR DAN PERKEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN DALAMKERAMBA JARING APUNG DI BENDUNGAN JATILUHUR, KABUPATEN PURWAKARTA

Retnaningsih, Christiana and Suwarno, Djoko (2017) EVALUASI KUALITAS AIR DAN PERKEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN DALAMKERAMBA JARING APUNG DI BENDUNGAN JATILUHUR, KABUPATEN PURWAKARTA. EVALUASI KUALITAS AIR DAN PERKEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN DALAMKERAMBA JARING APUNG DI BENDUNGAN JATILUHUR, KABUPATEN PURWAKARTA.

[img] Text
58119880322017G1_EVALUASI KUALITAS AIR DAN PERKEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN DALAM KJA JATILUHUR_2017-DjokoSuwarno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Kegiatan budidaya ikan dalam Keramba JaringApung (KJA) di bendungan Jatiluhur, Jawa Baratsudah berkembang pesat. Kegiatan penelitian dilakukan tahun 2017 menggunakandana penelitian dari Kemristekdikti. Tujuan kegiatanini untuk mengevaluasi dan mengetahuiperkembangan budidaya ikan yang ada dibendungan Jatiluhur dilihat dari aspek kualitas air danteknis budidaya.Berdasarkan evaluasi kualitas air Jatiluhur tercemar danteknis budidaya jumlah KJA sangat berlebihan, sebagianbesar ikan yang dipelihara adalah ikan mas bagian atas dan ikan nila, patin/jambalbagian bawah dalamsistem jaring ganda, dan pemberian pakan dengansistem pompa. Manajemenbudidaya yang diterapkan oleh pembudidayadenganpenempatan pada 5 zonaKJA dalamareal berdekatan dan pemberian pakan yang belum sesuaicara budidaya yang baik dan benar (CBIB).Berdasarkan analisis resiko kematian massal, budidayaikan dalam KJA di bendungan Jatiluhur padasaat penelitian ini, masih tergolong layakuntuk peningkatan ekonomi dan gizi masyarakat.Namun, disarankan menertibkan kegiatan budidaya KJA meliputi jumlah petak dan kepadatan serta sistem pemberian pakan yang ramahlingkungan.Selain itu, air dari outlet Cirata juga sebagai salah satu penyebab penurunan kualitas air Jatiluhur.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:59
Last Modified: 02 Mar 2021 03:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23709

Actions (login required)

View Item View Item