PELAKSANAAN REHABILITASI DAN REINTEGRASI SOSIAL BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (STUDI DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 KUTOARJO

MIRALDA, BRIGITA SIBILA WENO (2020) PELAKSANAAN REHABILITASI DAN REINTEGRASI SOSIAL BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (STUDI DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 KUTOARJO. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-COVER_a.pdf

Download (853kB)
[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-BAB I_a.pdf

Download (552kB)
[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-BAB III_a.pdf

Download (997kB)
[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-BAB IV_a.pdf

Download (277kB)
[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-DAPUS_a.pdf

Download (274kB)
[img] Text
16C10065-Brgita sibila w.m-LAMP_a.pdf

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Pelaksanaan Rehabilitasi dan Reintegrasi Sosial Bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kutoarjo)” ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan rehabilitasi dan reintegrasi sosial bagi anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas 1 Kutoarjo; dan (2) mengetahui hambatan yang terjadi dalam proses pelaksanaan program rehabilitasi dan reintegrasi sosial di LPKA Kelas 1 Kutoarjo serta cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Sepsifikasi penelitian adalah deskriptif analisis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data promer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan rehabilitasi dan reintegrasi sosial di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kutoarjo sudah berjalan dengan cukup baik. Pelaksanaan rehabilitasi dan reintegrasi sosial ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan pembinaan kemandirian dan pembinaan keterampilan serta program Bela Negara. Program dilaksanakan dengan mengadakan kegiatan keagamaan, memberikan kesempatan Andikpas mengikuti kegiatan pelatihan seperti berkebun, membatik, menjahit dll. Pelaksanaan program ini didasarkan pada Peraturan Kementrian Hukum dan Hak Manusia Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan. Hambatan yang dialami oleh pembina dalam melaksanakan program rehabilitasi dan reintegrasi sosial adalah hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal merupakan hambatan yang berasal dari Andikpas, sedangkan hambatan eksternal adalah hambatan yang berasal dari keluarga Andikpas dan masyarakat sekitar. Cara mengatasi hambatan yang ada adalah dengan pendekatan personal dan mendorong Andikpas agar lebih termotivasi mengikuti kegiatan di LPKA dan memberikan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat sekitar daerah tempat anak tinggal tentang perlunya pendampingan dan penerimaan masyarakat terhadap Andikpas. Saran yang diberikan adalah agar pihak LPKA Kelas 1 Kutoarjo lebih memberikan dorongan dan motivasi yang kuat bagi Andikpas dalam proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial, mengembangkan pola pikir anak dan mendorong Andikpas dalam beraneka ragam kegiatan yang bersifat rehabilitatif dan edukatif, dan agar LPKA selalu melibatkan keluarga dan masyarakat dalam proses rehabilitasi dan reintegrasi anak misalnya dengan sesekali melibatkan orang tua dalam kegiatan yang dilakukan di dalam LPKA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:24
Last Modified: 05 Jan 2021 06:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23111

Actions (login required)

View Item View Item