PENGOLAHAN SERBUK PEWARNA ALAMI DENGAN TEKNOLOGI PENGERINGAN DAN APLIKASINYA PADA PRODUK BAKERI

ANANINGSIH, VICTORIA KRISTINA (2016) PENGOLAHAN SERBUK PEWARNA ALAMI DENGAN TEKNOLOGI PENGERINGAN DAN APLIKASINYA PADA PRODUK BAKERI. PENGOLAHAN SERBUK PEWARNA ALAMI DENGAN TEKNOLOGI PENGERINGAN DAN APLIKASINYA PADA PRODUK BAKERI.

[img] Text
58120002392015G2_ST Pembicara Knowledge Festival 2016 005_Makalah Seminar KFest_Victoria Kristina Ananingsih_FTP Unika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rekayasa pengolahan pangan merupakan bidang kajian yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan. Pengolahan pangan yang kurang tepat tidak menjamin keamanan pangan produk dan memberik dampak pada kasus keracunan makanan dan kesehatan masyarakat. Pengembangan Teknologi Pengeringan dan Teknologi Bakeri menjadi kajian yang difokuskan dalam penelitian ini. Salah satu penelitian yang dikembangkan adalah pengolahan serbuk pewarna alami. Serbuk pewarna alami dapat diproduksi dengan metode mikroenkapsulasi dan coating menggunakan berbagai proses pengeringan. Pewarna alami yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk membuat makanan fungsional berupa produk bakeri seperti roti, cookies dan cake. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menentukan metode pengeringan yang optimum guna mendapatkan serbuk bit merah yang memiliki kualitas yang baik. Selain itu, kestabilan pewarna alami tersebut selama proses pengolahan juga diteliti lebih lanjut, terutama setelah proses pengeringan dan setelah diaplikasikan pada produk bakeri. Berbagai metode teknologi pengeringan dapat diaplikasikan untuk membuat serbuk pewarna alami, antara lain serbuk daun jati muda dan serbuk bit merah. Serbuk pewarna alami ini mempunyai umur simpan yang lebih panjang dan lebih praktis dalam penggunaannya dibandingkan ekstrak cair pewarna alami. Pewarna alami tersebut terbukti berpotensi diaplikasikan pada produk bakeri untuk memberikan warna dan menambah antioksidan yang terkandung di dalamnya. Aplikasi serbuk pewarna alami pada makanan tradisional juga berpotensi untuk diteliti lebih lanjut.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:37
Last Modified: 04 Dec 2020 02:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item