LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT "PEMANFAATAN VIDEO SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN MANAJEMEN REPUTASI SEKOLAH PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI SEMARANG"

PERMATASARI, VINCENTIA ANANDA ARUM and PASARIBU, ROTUMIAR LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT "PEMANFAATAN VIDEO SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN MANAJEMEN REPUTASI SEKOLAH PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI SEMARANG". Project Report. LPPM Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
peer review.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
Laporan - pengesahan - ST.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masa Pandemik Covid-19 ini menjadi keguncangan bagi berbagai jenis organisasi. Keadaan yang mempengaruhi sosial, kesehatan dan ekonomi ini menjadi hal yang sensitif bahkan mengalami beragam masalah, tidak hanya berhenti sampai pada masalah isu akan tetapi kondisi ini telah menjadi krisis. Oleh sebab itu, kasus Covid-19 ini banyak mempengaruhi reputasi organisasi terutama jika salah mengambil keputusan dan kebijakan. Salah satu yang mendapatkan dampaknya adalah institusi sekolah. Mulai dari keputusan kegiatan belajar yang berubah menjadi online yang dianggap kurang efektif hingga permintaan pengurangan pembayaran uang sekolah menjadi momen krisis kepercayaan publik yaitu siswa dan orang tua terguncang. Peristiwa tersebut akhirnya aka mengantarkan sekolah pada situasi yang dapat menggaggu reputasi baik yang sudah terbangun. Demi kelangsungan hidup sebuah organisasi, maka reputasi perlu dijaga dengan baik terutama saat terjadi krisis. Pengaturan program yang tepat dapat menjaga hubungan baik dengan publik dan mengambil kepercayaan kembali. Metode yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan menunjukkan reputasi baik adalah dengan menggunakan media online terutama website sekolah dan media sosial, penyebaran dapat meluas dan menjangkau berbagai kalangan. Hal tersebut juga dengan pertimbangan yang tidak memungkinkan penyebaran informasi secara tatap muka karena kondisi pandemic yang masih dalam pemantauan. Agar dapat memperoleh perhatian penggunaan video adalah cara yang tepat yang dapat membuat penonton tertarik, tidak bosan dan paham betul isi dari pesan yang ingin disampaikan. Selain masalah pemahaman, pemanfaatan audio dan visual ini memungkinkan penonton untuk mengikuti intruksi dari pesan video tersebut sehingga reputasi sekolah melalui video tersebut tersampaikan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Research Department
Depositing User: Ms Vincentia Ananda
Date Deposited: 22 Sep 2020 12:55
Last Modified: 14 Oct 2020 12:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22341

Actions (login required)

View Item View Item